Untag Surabaya Galang Kerjasama 7 Penelitian dengan Pemkab Pacitan

oleh -13741 views

Pacitanku.com, SURABAYA – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNTAG Surabaya bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten melalui Badan pengembangan, penelitian, dan statistik (Balitbangtik) Kabupaten Pacitan akan melakukan kerjasama penelitian tentang Kelitbangan.

Kerjasama yang dilaksanakan di kantor LPPM UNTAG Surabaya beberapa waktu lalu dihadiri langsung oleh Kepala Balitbangtik Kabupaten Pacitan, Cipto Yuwono.“Terima kasih UNTAG Surabaya telah banyak membantu masyarakat Pacitan melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN), pengabdian dan penelitian dosen,” kata Cipto Yuwono, dilansir laman Warta 17 Agustus.

Menurut Cipto, kegiatan utama Kelitbangan Kabupaten Pacitan adalah mengenai penelitian, pengkajian (pengkajian strategis, taktis, dan aktual), pengembangan, perekayasaan (perekayasaan program dan peraturan), penerapan (penerapan program dan peraturan), dan pengoperasian (pengoperasian program dan peraturan).

“Diharapkan hasil penelitian bisa memberikan rekomendasi Pemerintah Daerah yang berbasis Kelitbangan dan tim penelitinya sendiri gabungan dari UNTAG Surabaya dengan Pacitan,” tandasnya.


Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir. Muslimin Abdulrahim, M.SIE, Ketua LPPM mengatakan, ada tujuh judul penelitian Kelitbangan yang sudah diajukan kepada Balitbangtik Pacitan, yaitu Penelitian Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Dr. Slamet Suhartono, SH.,MH dan Tomy Michael, SH.,MH), Penelitian Potensi Unggulan Ekonomi Daerah Untuk Mendukung Pengembangan Produk Unggulan Daerah (Dr. Abdul Halik, MM dan Drs. Ec. Hari Purnomo, MM).

Selanjutnya adalah Pengkajian Aktual Potensi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pacitan (Dr. Nekky Rahmiyati, MM, Dra. Sri Andayani, MM, A.A.I. Prihandari Satvikadewi, S.Sos.,M.Med.Kom), Pengkajian Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Unggulan Daerah Kabupaten Pacitan (Dr. Zakaria, MS.,MM, Dr. I.A. Brahma Ratih, MM, Dra. Ec. Endah Budiarti, M.Si).

Kemudian Pengkajian Aktual Optimalisasi Fasilitas Pelayanan Publik di Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan (Dr. Ir. RA. Rento Hastijanti, MT), Pengkajian Aktual Kelaykan Pemanfaatan Ex Fasilitas Dinas Informatika Sebagai Fasilitas Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Pacitan (Mufidah, ST.,MT), dan IPTEK Bagi Wilayah (Dr. Ir. Wardah, MP.,MM, Ir. Zaenal Arief, MT).

“Mereka semua adalah dosen dari Fakultas Ekonomi, FISIP, Hukum, dan Teknik. Semoga bisa bekerja dengan baik sesuai dengan harapan bersama,” pungkasnya. (Warta17Agustus/RAPP002)