Puskesmas Ngadirojo Jadi Jawara Lomba Puskesmas Berprestasi 2015

oleh -870 views

Pacitanku.com, NGADIROJO – Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Ngadirojo, Pacitan sukses menjadi juara pertama lomba puskesmas berprestasi tingkat provinsi Jawa Timur pada tahun 2015 ini.

Melalui surat keputusan Gubernur Jatim nomor 188/529/KPTPS/013/2015 pada bulan November 2015 lalu, layanan kesehatan publik yang terletak di Jalan Raya Lorok-Pacitan, Desa Cokrokembang, Kecamatan Ngadirojo ini berhasil menjadi jawara lomba puskesmas berprestasi untuk kategori puskesmas pedesaan.

Adapun, alasan terpilihnya Puskesmas Ngadirojo sebagai jawara lomba puskesmas berprestasi adalah bahwa Puskesmas ini telah memberikan kontribusi yang cukup besar didalam mewujudkan derajat kesehatan, berbagai masalah yang timbul telah dicoba diatasi dengan kebijakan dasar puskesmas yang merupakan bagian reformasi kesehatan.

Penilaian nominasi puskesmas berprestasi Tingkat Propinsi Jatim tahun 2015 sendiri digelar pada  tanggal 19 Mei 2015 oleh Tim Tingkat Propinsi Jatim.

Saat menerima tim penilai dari Provinsi, Bupati Pacitan sendiri menekankan bahwa pembangunan kesehatan di kabupaten Pacitan pada partisipasi masyarakat dalam upaya mewujudkan masyarakat Pacitan yang sehat dan berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Dengan mengedepankan fungsi puskesmas sebagai pusat pemberdayaan masyarakat, pusat pelayanan kesehatan dan pusat pembangunan berwawasan kesehatan sehingga betul-betul dapat mendukung pencapaian sasaran yaitu terwujudnya masyarakat Pacitan yang sehat dan sejahtera,” katanya saat itu.

Dalam penilainnya, sebelum akhirnya diputuskan Puskesmas Ngadirojo berhak atas juara I lomba puskesmas berprestasi, para juri melihat langsung pelaksanaan di pelayanan di Puskesmas.

Sebelum penjurian dimulai, juri menjelaskan beberapa poin yang akan dinilai, yaitu melihat administrasi dan manajemen, penyelengaraan upaya Puskesmas, dan upaya penyelengaraan pelayanan kesehatan perorangan/klinis.

Piagam penghargaan Puskesmas Berprestasi 2015. (Foto: Wira Swastika)
Piagam penghargaan Puskesmas Berprestasi 2015. (Foto: Wira Swastika)

Berdasarkan kriteria penilaian puskesmas berprestasi, Puskesmas harus memiliki tim manajemen mutu, yang mana hal tersebut memang sudah tertulis dalam Buku Standar Puskesmas. Hal-hal terkait cara menjaga kepuasan pelanggan sangat dianjurkan Herlin untuk dikuasai setiap Puskesmas.

Puskesmas juga harus lebih berpartisipasi dalam peran sertanya mengedukasi masyarakat seputar PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), yang memiliki tiga poin yakni mencegah merokok, mengkonsumsi sayur dan buah, dan menerapkan ASI eksklusif bagi ibu yang memiliki bayi.

Berdasarkan kelengkapan penilaian tersebut, akhirnya Puskesmas Ngadirojo berhak atas juara I lomba puskesmas berprestasi tingkat Jatim yang selanjutnya akan mewakili lomba serupa untuk tingkat nasional. (RAPP002)