198 Polisi Amankan 740 TPS Pilkada Pacitan

oleh -13896 views
Kapolres Pacitan memeriksa kesiapan pasukan pengamanan Pilkada Pacitan, Selasa (8/12/2015) di halaman Mapolres Pacitan. (Foto: Polres Pacitan)
Kapolres Pacitan memeriksa kesiapan pasukan pengamanan Pilkada Pacitan, Selasa (8/12/2015) di halaman Mapolres Pacitan. (Foto: Polres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pacitan mengerahkan  198 personel untuk mengamankan 740 tempat pemungutan suara (TPS) di 166 desa dan lima kelurahan di Pacitan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2015 di Kabupaten Pacitan.

“Seluruh anggota agar tidak merasa underestimate terhadap situasi yang selama ini kondusif, selanjutnya kami minta untuk menanamkan rasa iklas dan tanggung jawab dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat,” kata Kapolres Ajun Komisari Besar Polisi Taryadi, saat memberikan sambutan dalam apel pasukan pengamanan Pilkada 2015 di halaman Mapolres Pacitan, Jalan Ahmad Yani, Pacitan, Jatim, Selasa.

Menurut dia, seluruh personel serta sarana dan prasarana pendukung pengamanan pesta demokrasi lima tahunan tersebut telah siap. Ia menuturkan dalam pengamanan TPS, polisi juga akan didukung personel Linmas, unsur gabungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Militer (PM), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dan Senkom Mitra Polri.

Selain 198 personel yang diterjunkan di TPS, Polres Pacitan total mengerahkan 441 personel yang terlibat dalam operasi Mantap Praja 2015. Selain itu, personel pengamanan Pilkada masih ditambah 30 personel BKO dari Polres Madiun dan  mendapatkan bantuan pengamanan Mako 60 siswa Diktukba Polri dari Polda Jatim.

Taryadi menyampaikan bahwa pengamanan yang dilaksanakan sudah dimulai sejak pendistribusian surat suara hingga pemungutan nantinya.

Apel pengamanan Pilkada Pacitan sendiri diikuti seluruh anggota Polres Pacitan. Selain itu, turut hadir pula dalam apel tersebut adalah Bupati Pacitan, Dandim, Kejaksaan, Pengadilan, Kasatpol PP serta hadir juga Kasatwil Rayon Kombes Pol Handoko (Kabidkum Polda Jatim).

Pilkada Pacitan sendiri akan diikuti dua pasangan calon (paslon), yakni Drs. H. Indartato, MM yang berpasangan dengan Drs. H. Yudi Sumbogo (Indigo) di nomor urut 1 yang diusung Partai Demokrat dan didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Gerindra.

Sementara pasangan kedua dengan nomor urut 2 adalah Drs. H. Bambang Susanto,  S.Pd, SE, MM yang berpasangan dengan Hj. Sri Retno Dhewanti, A. Md (Basudhewa) yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura dan didukung Partai Amanat Nasional (PAN). (hr/Polres/RAPP002)

Keterangan Foto: Kapolres Pacitan memeriksa kesiapan pasukan pengamanan Pilkada Pacitan, Selasa (8/12/2015) di halaman Mapolres Pacitan. (Foto: Polres Pacitan)