Dinkes Targetkan Semua RS di Jatim Terakreditasi

oleh -13704 views
Operasi di RSUD Pacitan. (Foto : SKPD)

Pacitanku.com, SURABAYA – Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur menargetkan semua rumah sakit di wilayah itu harus terakreditasi guna mengetahui pelayanan sebuah RS meningkat dan naik kelas atau tidak.

Saat ini, baru 9 rumah sakit di Jatim yang sudah mengantongi akreditasi RS versi 2012, yakni RS Panti Nirmala Malang (Januari 2013), RS Mata Undaan Surabaya (April 2013), RS Premier Surabaya (Maret 2014), RSAL Dr Ramelan Surabaya (April 2014). Selain itu juga RS Muhammadiyah Lamongan (Mei 2014), RS Baptis Batu (Mei 2014), RS PT Semen Gresik (Mei 2014), RS Adihusada Kapasari Surabaya (Juni 2014), dan RSUD dr Soetomo (Juli 2014).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim, Harsono, Rabu kemarin, syarat yang harus diperhatikan untuk menunjang akreditas RS antara lain Sumber Daya Manusia (SDM), fasilitas layanan, hingga alur dan sistem yang diterapkan.”Dari 133 RS di Jatim, baru sembilan RS yang terakreditasi dan lima di antaranya berada di Surabaya, hal itu kemungkinan karena masih banyaknya RS yang kesulitan mendapatkan akreditasi lantaran beberapa faktor,” ungkapnya.

Dikatakan Harsono, dengan adanya akreditasi akan memudahkan RS dalam mendapat pengakuan dari pihak luar, seperti masyarakat dan stakeholder. “Untuk stakeholder, RS dapat berkerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai operator di lapangan,” tandasnya.

Sementara, untuk masyarakat, ia menambahkan dalam hal pasien dan keluarganya akan bebas memilih rumah sakit yang mereka inginkan karena terkait dengan kepuasan pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit. “Kami imbau seluruh RS di Jatim untuk segera mengurus beberapa persyaratan itu semua, jika tidak, maka kemungkinan izin operasionalnya dicabut,” pungkasnya. (RAPP002/Antara)