Ini 13 Kenyamanan Berwisata di Pantai Teleng Ria Pacitan

oleh -133.996 views
Berjemur di pinggir pantai Teleng Ria. (Foto: Instagram)
Berjemur di pinggir pantai Teleng Ria. (Foto: Instagram)

Pacitanku.com, PACITAN – Pantai Teleng Ria adalah salah satu pantai di Pacitan yang memiliki keunggulan tersendiri. Selain letaknya yang berada di wilayah kota, pantai ini juga memiliki beberapa keunggulan dan kenyamanan berwisata pantai di Pacitan. 

Semenjak dikelola oleh PT El John, salah satu perusahaan swasta nasional, beberapa konsep dan terobosan terus dikembangkan di pantai yang letaknya di teluk Pacitan ini, tepatnya di kelurahan Sidoharjo, Pacitan. Dari yang semula hanya wisata pantai, kini beberapa fasilitas menarik pun ditawarkan kepada wisatawan yang ingin menikmati liburan menyenangkan bersama keluarga. 

Berikut sejuta kenyamanan berwisata di Teleng Ria, yang bisa menjadi referensi wisata akhir pekan anda dan keluarga.

1. Wisata Pantai

Wisatawan bermain ombak Teleng Ria
Wisatawan bermain ombak Teleng Ria

Wisata pantai dan pemandangan laut lepas masih menjadi wisata utama di pantai yang terletak sekitar 3 Km dari pusat kota ini. di pantai Teleng Ria, kamu bisa menyaksikan panorama khas laut selatan, ombak besar, pasir putih dan kapal – kapal nelayan yang terlihat samar di kejauhan. Meski panorama wisata pantai Teleng Ria tidak seindah pantai Srau, Watukarung atau Klayar, dikarenakan tidak ada batuan karang di tengah pantai, namun pemandangan saat sunrise menjadi salah satu keunggulan di pantai ini.

2. Tempat berjemur

 Berjemur di pinggir pantai Teleng Ria. (Foto: Instagram)Setelah puas menikmati pantai dan berkeliling, bermain pasir dan juga berjalan-jalan mengitari pantai, kamu bisa beristirahat namun masih dengan suasana lepas pantai, karena kini di pinggir pantai tepat, telah berjejer beberapa tempat berjemur dan melepas lelah. Layaknya di pantai Kuta, kamupun bisa tiduran di tepi pantai dengan payung berjemur yang melindungi kulit kamu.

3. Kampung Air dan Kolam Renang

Kampung air di Teleng RiaBosan dengan menikmati pemandangan pantai, kini saatnya kamu menikmati sensasi lain dari Parai Teleng Ria, yakni berenang dan menikmati wahana bermain air di kampung air Teleng Ria. Disini, kamu bisa berenang tanpa khawatir tubuh lengket, selain itu wahana khas waterpark bisa dinikmati di kampung Air Teleng Ria ini, dari srosotan untuk orang dewasa hingga anak-anak.


4. Lapangan Bola, Surfing dan sirkuit balap

Salini mengenakan kebaya bersiap surfing. (Foto: Donk DIadon)Nah, bagi penyuka olahraga, kompleks Parai Teleng Ria adalah tempat yang komplit untuk berolahraga secara mandiri, atau sekedar menyaksikan atraksi olahraga. Disini ada lapangan bola yang bisa kamu jadikan tempat bermain bola, surfing arena, kamu bisa menonton para surfer menari diatas ombak, atau kalau kamu beruntung kamu bisa juga menyaksikan balapan di sirkuit Teleng Ria.

5. Full Protection

Parai Teleng Ria juga memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi, karena selain banyak sekuriti yang sliweran untuk menjaga keamanan pengunjung, jika ada yang terkena ombak ganas, tim baywatch siap menyelamatkan. Tentu ini menjadi salah satu keunggulan Parai Teleng Ria.

6. Hotel, restauran dan penginapan

parai teleng riaCapek seharian mengitari pantai dan bermain di kampung air, beberapa hotel dan penginapan di sekitaran Parai Teleng Ria siap menjadi pelabuhan anda untuk mengecharge energi. Dengan segala fasilitas yang ditawarkan, hotel dan penginapan di Parai Teleng Ria ini bisa menjadi solusi untuk bermalam dan beristirahat. Selain itu, kamu bisa mengajak keluarga atau teman untuk menikmati sajian menu di restauran di pinggir pantai, seperti singkong keju Pacitan, kopi arabica, kopi nawangan, menu makanan khas Pacitan, dan berbagai menu menarik lainnya.

7. Pesta BBQ

DNah, bagi yang ingin menikmati sajian istimewa malam hari di Teleng Ria, sudah ada pesta menarik bagi kalangan anak muda, namanya pesta barbeque (BBQ), yang digelar tiap akhir pekan. Disini kamu bisa bakar-bakaran BBQ sembari menikmati indahnya langit malam di pusat kota Pacitan dan diujung samudera indonesia.

8. Tempat pertemuan

teleng5Kamu ingin melakukan seminar, workshop, atau pertemuan dengan organisasimu? Jangan khawatir, di beberapa hotel di sekitaran Parai Teleng Ria menyajikan tempat pertemuan yang representatif untuk menggelar acara bersama. Sambil pertemuan, sambil menikmati suasana pantai, tentu tambah mengasyikkan.

9. Sentra Kuliner laut Pacitan

Sate Ikan Laura Pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)
Sate Ikan Laura Pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)

Di kompleks Parai Teleng Ria, kamu bisa juga mendapatkan berbagai olahan kuliner laut yang sudah digoreng, sebut saja udang goreng, ikan goreng dan berbagai jenis lainnya. Untuk sentra kuliner ini terletak di pasar oleh-oleh di sebelah barat pantai.

10. Souvenir dan cinderamata

DSelain oleh-oleh berupa kuliner, di Teleng Ria juga terdapat berbagai macam souvenir yang bisa dijadikan cinderamata yang dipersembahkan untuk keluarga dirumah. Stand-stand penjualan souvenir atau cinderamata banyak terdapat di kompleks Teleng Ria, seperti kaos, akik, hingga gantungan kunci.

11. Olahan Ikan Tuna

Produksi Tahu Tuna Pacitan. (Foto : Dok. Pacitanku)Di kompleks Teleng Ria, kamu juga bisa mencoba salah satu produk unggulan Pacitan saat ini, yakni olahan ikan Tuna, seperti bakso tuna, nugget tuna, abon tuna, dan lain sebagainya. Saat ini, banyak pengrajin olahan ikan tuna di sekitaran parai Teleng Ria.

12. Live Music

DJika beruntung, kamu bisa menyaksikan secara langsung live music yang tak jarang mengundang artis papan atas di Jawa Timur. Live music ini digelar tiap liburan akhir pekan atau hari besar.

13. Wifi Area dan Excellent Signal

Satu lagi kenyamanan yang bisa kamu dapatkan di Pantai Teleng Ria, adalah sinyal handphone yang kuat. Berbagi provider handphone memiliki sinyal yang kuat disini. Atau jika kamu mau irit paket data, bisa menanyakan ke petugas setempat password wifi area di Teleng Ria. (RAPP002)