Cara Makan Daging Kurban yang Aman

oleh

Pacitanku.com, PACITAN – Umat Islam sedunia sedang merayakan Idul Adha. Banya pakar pun menyampaikan bahwa jangan makan, salah satunya daging kurban Idul Adha berlebihan.

Ungkapan ini pun berlaku bagi individu yang mungkin sedang dalam kondisi kesehatan kurang baik atau diet tapi ingin menyantap hidangan daging kurban seperti sate kambing, gulai sapi.

Memang benar, jika berlebihan menyantap hidangan kurban, berisiko sembelit. Orang dengan kolesterol tinggi pun dipersilakan menyantap beragam hidangan tersebut selama hanya daging kambing atau sapi saja yang dikonsumsi, tidak bersama jeroan.

Nah, Pacitanku.com berbagi tips agar kamu aman menyantap daging kurban, tentu tetap dengan rumus jangan berlebihan.

Yang pertama, imbangi banyak makan buah dan sayur untuk mengurangi efek samping dari makan daging berlebihan. Selanjutnya adalah sebaiknya daging dimasak menjadi hidangan sate atau sop ketimbang gulai.

Kemudian, makan daging kambing atau sapi jangan berlebihan dalam waktu singkat. Berikutnya adalah usahakan jangan makan daging selambat-lambatnya 2 jam sebelum tidur.

Tips selanjutnya, kemudian, kurangi makan berlemak lain seperti konsumsi coklat dan keju selama sedang mengonsumsi banyak makan daging.

Cara aman selanjutnya adalah, sebaiknya sehabis makan dengan daging kambing atau sapi tidak mengonsumsi minuman berkalori tinggi seperti teh manis atau sirup.

Kemudian, minum yang cukup 8-10 gelas sehari untuk mencegah sembelit. Dan yang terakhir, tetap melakukan olah raga ringan selama masa hari raya kurban.

Nah, dengan begitu, kamu tetap sehat, makan daging pun lancar. (RAPP002)