Satu Korban Tragedi Mina dari Bojonegoro, Wagub Jatim Sampaikan Duka Cita

oleh -10729 views

Pacitanku.com, SURABAYA – Satu korban Indonesia yang meninggal dalam musibah jamaah terinjak-injak di Jalan Arab 204, Mina, adalah jamaah yang berasal dari Bojonegoro, Jawa Timur. Pantauan tim Media Center Haji (MCH) yang ikut dengan rombongan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ke Rumah Sakit Al-Jisr yang ada hanya berupa selendang bertuliskan Safara Tour and Travel Bojonegoro. Selain itu, ditangan korban ada gelang bertulis Maktab 2.

Gelang logam yang menjadi identitas jamaah yang berisi nama, passpor, embarkasi, serta nomor kloter, tidak ditemukan pada jamaah laki-laki tersebut.

Sementara, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menyampaikan duka cita terhadap korban yang termasuk dalam Musibah Mina, Arab Saudi, yang terinjak-injak saat melakukan lempar Jumroh Aqobah pada Kamis pukul 07.00 waktu setempat.“Atas nama pemerintah dan pribadi saya turut berduka cita atas tragedi di Mina dan semoga amal ibadah jamaah yang wafat diterima di sisi Allah SWT,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, belum lama terjadi tragedi robohnya alat berat “crane” di Mekkah yang menyebabkan ratusan orang wafat dan lainnya luka-luka, saat ini kembali terjadi musibah di Mina. “Ini ujian dari Allah SWT dan semua peristiwa pasti ada hikmahnya. Kami benar-benar bersedih,” ucap mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut.

Pria yang juga Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu menilai pemerintah Arab Saudi harus benar-benar mengevaluasi pelaksanaan Ibadah Haji tahun berikutnya agar kejadian serupa tak terulang. “Harapannya semoga peristiwa tidak terulang dan pemerintah setempat bisa lebih memperhatikan sekaligus mengantisipasinya,” kata mantan Ketua Umum PP Gerakan Pemuda Ansor tersebut.

Terkait informasi adanya korban meninggal dunia asal Jawa Timur, wakil gubernur yang akrab disapa Gus Ipul tersebut belum bisa memastikannya karena masih menunggu kepastian informasi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama setempat. “Tapi kita percayakan penanganan korban insiden Mina ke pemerintah Arab Saudi. Sedangkan terkait korban asal Indonesia, khususnya Jatim, kita percayakan petugas KJRI dan Duta Besar Indonesia serta Petugas Kementerian Agama,” katanya.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin langsung menuju rumah sakit pemerintah Arab Saudi, Al Jisr, di Mina, yang menjadi tempat rujukan korban meninggal maupun cedera dalam peristiwa di Jalan 204, Mina itu.

Menag didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Djamil dan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, sekitar pukul 13.30 Waktu Arab Saudi (WAS) menuju rumah sakit tersebut dari Kantor Misi Haji Indonesia di Syisyah. Kepala Daker Mekkah Arsyad Hidayat mengatakan informasi awal menyebutkan satu korban asal Indonesia meninggal dalam peristiwa tersebut. (RAPP002/Ant)