Resmi Dilantik Jadi Kapolda, Anton Setiadji Siap Fokus Pengamanan Pilkada Jatim

oleh -10924 views

Pacitanku.com, SURABAYA – Kepala KepolisanDaerah (Kapolda) Jawa Timur,  Irjen Pol Anton Setiadji menegaskan bahwa dirinya akan fokus pada pengamanan pilkada serentak yang akan berlangsung di 19 kabupaten/kota se-Jatim pada 9 Desember 2015. 

Menurut pria yang baru saja dilantik jadi Kapolda baru tersebut, program estafet yang dimaksud adalah pengamanan pilkada serentak di Jatim. “Saya tidak punya program, karena program saya adalah melanjutkan apa yang sudah dilakukan Pak Anas Yusuf (Kapolda Jatim sebelumnya),” ucapnya kepada wartawan di Mapolda Jatim, Senin (14/9).

Lebih lanjut, Anton mengatakan bahwa terkait adanya calon kepala daerah yang bermasalah secara hukum, seperti korupsi, jenderal berbintang dua yang pernah beberapa kali bertugas di Jatim itu menegaskan bahwa prioritas tetap ada pada pilkada. “Kalau ada kasus (terkait pilkada), ya kita selesaikan pilkada-nya dulu, baru selesai pilkada akan kita usut kasusnya,” papar mantan Kapolres Ngawi itu

Menurut Kapolda Jatim sebelumnya, Irjen Pol Anas Yusuf yang menjabat Kapolda Jatim selama setahun (3 September 2014-7 September 2015) itu berharap tugas yang diemban Polda Jatim akan berkelanjutan di tangan penggantinya. “PR (pekerjaan rumah) yang penting untuk Pak Anton Setiadji adalah pilkada serentak. Persiapannya (persiapan pilkada serentak) sudah oke dan nggak ada kendala berarti, kecuali Surabaya (Pilkada Surabaya),” ujarnya.

Acara “farewell parade” Kapolda Jatim itu diawali dengan penyambutan Irjen Pol Anton Setiadji dengan pedang pora dari pintu gerbang hingga menuju Gedung Rupatama Polda Jatim. Setelah itu, Irjen Anton Setiadji menerima laporan satuan (lapsat) dari Irjen Pol Anas Yusuf, lalu keduanya menghadiri serah terima Ibu Asuh Polwan di Gedung Mahameru Mapolda Jatim dan malam harinya ada farewell party Kapolda Jatim lama dan baru dengan masyarakat setempat. (Antara/RAPP002)