Ibas Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan untuk Guru PAUD Pacitan

oleh -Dibaca 997 kali
Ibas gelar sosialisasi empat pilar di Pacitan
Ibas gelar sosialisasi empat pilar di Pacitan
Ibas gelar sosialisasi empat pilar di Pacitan
Ibas gelar sosialisasi empat pilar di Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN – Untuk memberikan pemahaman tentang empat pilar kebangsaan kepada Guru PAUD Kecamatan Pacitan, Anggota DPR RI Komisi X Edhie Baskoro Yudhoyono, mengadakan sosialisasi Pancasila dan UUD 1945. Sosialisasi ini berlangsung di Aula Kelurahan Pacitan yang di hadiri oleh ratusan guru PAUD se-Kecamatan Pacitan, Jumat (3/7) lalu.

Koordinator acara Candra Adi mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman atas nilai-nilai Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 pada Guru PAUD di kota Pacitan. Karena dengan guru inilah nantinya nilai-nilai Pancasila dapat diajarkan kepada anak-anak kita yang belajar di Pendiikan usia dini. ‘’Nilai Pancasila itu memang harus diajarkan seja kecil, agar anak-anak Indonesia dapat lebih mencintai negara ini,’’ ujarnya sebagaimana siaran pers yang diterima Pacitanku.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mendatangkan seorang narasumber dari IKIP Madiun, Wawan Kokotiasa guna memberikan pengarahan tentang empat pilar nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 tersebut.

Wawan menjelaskan, bahwa karakter diri masyarakat Indonesia yang baik akan mencerminkan bangsa yang baik pula. ‘’Namun, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki karakter berfikir individual sehingga sulit berkembang,’’ katanya.

Terpisah, Edhie Baskoro Yudhoyono berharap, jiwa karakter yang di bangun haruslah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Agar nantinya bangsa ini menjadi bangsa yang sejahtera dan berdaulat. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, lanjut dia, diharapkan para guru PAUD dapat menerapkan dan menyampaikan kandungan empat pilar ini kepada anak didik.

‘’Melalaui guru PAUD inilah, anak sejak usia dini dapat mengenal apa saja yang disebut dengan empat pilar kebangsaan itu. Tentu saja, penyampaiannya harus disesuaikan dengan tingkat pemahaman anak. Misal, bisa dilakukan sambil bermain maupun bernyanyi,’’ terang Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI tersebut.

Putra bungsu Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono itu berpendapat, pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila dan UUD 1945 perlu penghayatan dan pengalaman yang lebih baik. ‘’Tujuannya, agar eksistensi negara dan bangsa ini tetap lestari sepanjang masa,’’ ungkapnya. (ebyteam)