Jelang Lebaran, Terjadi Empat Kasus Kejahatan di Pacitan

oleh -101.144 views
Ilustrasi pencurian
Ilustrasi pencurian
Ilustrasi pencurian
Ilustrasi pencurian

Pacitanku.com, PACITAN – Dua pekan jelang Lebaran, tren aksi kejahatan di Pacitan terus meningkat. Setelah sebelumnya terjadi dua peristiwa pencurian dengan pemberatan (curat) di wilayah Kota dan aksi gendam (hipnotis), kali ini peristiwa pencurian terjadi di wilayah Desa Wonoanti, Kecamatan Tulakan pada Rabu (1/7/2015) malam lalu.

Peristiwa kriminal ini terjadi di rumah milik Dini Ekowati, yang diduga terjadi saat Dini sedang menunaikan shalat tarawih dimasjid terdekat. Secara leluasa, pelaku berhasil menggasak uang sekitar Rp 10 juta rupiah yang tersimpan dalam sebuah tas pribadi milik korban.

[irp]

Namun, pelaku tidak mengambil seluruh uang didalam korban dan pelaku menyisakan uang sekitar Rp 2 juta. Beberapa barang berharga lain seperti handphone, laptop, gelang emas juga tidak diambil. Dan menurut Dini, pelaku membobol jendela belakang rumah sebelum berhasil membawa kabur uang puluhan juta rupiah.

 “Masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan keamanan rumah pribadi dan lingkungan sekitar untuk menghindari aksi kejahatan. Selain itu kami minta masyarakat ikut berperan aktif dan membongkar aksi pencurian yang marak terjadi selama bulan ramadhan ini,” ungkap Kepala Satuan Res Kriminal Polres Pacitan, AKP Hendro Tri W, baru-baru ini.

Dikatakan Hendro, meningkatkan kewaspadaan dan keamanan lingkungan sekitar menjadi salah satu cara mendasar menangkal aksi kejahatan. “Aksi kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelaku tetapi lebih pada terbukanya kesempatan untuk melakukan beragam bentuk kejahatan,” tandasnya.

Sementara, Kepala Sub Bagian Humas (Kasubbag) Humas Polres Pacitan, AKP Rudito Kukuh Basuki, pihaknya usai mendapati laporan kejahatan tersebut langsung mengambil tindakan dengan melakukan pengejaran.

Pihak Polres segera menginstruksikan di masing-masing polsek di perbatasan juga ikut dikerahkan untuk mempersempit ruang gerak pelaku. ‘’Saat ini pihak kami masih terus melakukan pengejaran terhadap pelaku,’’ ujar AKP Rudito Kukuh Basuki, Kasubbag Humas Polres Pacitan saat dikonfirmasi wartawan di ruangannya.

Sebelumnya, di wilayah Pacitan kota juga terjadi tiga kasus kejahatan, sebagai berikut:

Screenshot_3