SBY Raih Penghargaan Guru Bangsa dari Universitas Moestopo

oleh -13782 views
Rektor Universitas Moestopo menyerahkan penghargaan piagam Guru Bangsa kepada SBY. (Foto: Fanpage SBY)
Rektor Universitas Moestopo menyerahkan penghargaan piagam Guru Bangsa kepada SBY. (Foto: Fanpage SBY)
Rektor Universitas Moestopo menyerahkan penghargaan piagam Guru Bangsa kepada SBY. (Foto: Fanpage SBY)
Rektor Universitas Moestopo menyerahkan penghargaan piagam Guru Bangsa kepada SBY. (Foto: Fanpage SBY)

Pacitanku.com, JAKARTA – Presiden RI keenam kelahiran Tremas, Arjosari, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali memperoleh penghargaan. Penganugerahan guru bangsa dari Universitas Moestopo itu diberikan dalam acara dies natalis ke-54 dan wisuda sarjana serta pascasarjana UMB di gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Kamis (16/4/2015).

Menurut rektor Universitas Moestopo Beragama, SBY dinilai dalam sebelas kriteria dalam perannya sebagai presiden selama dua periode dan sebagai tokoh masyarakat. Selain itu, sebagai tamu kehormatan, SBY mempunyai hak untuk mengikuti semua kegiatan penting di UMB. “Sebagai guru bangsa, bapak SBY dinilai mempunyai wawasan yang luas, seorang pemikir, punya kearifan untuk mengatasi persoalan bangsa dan motivator bagi generasi muda,” katanya usai menyerahkan piagam kehormatan kepada SBY.

Menurut Ketua pembina Yayasan UPDM (B) Drg. H. Hermanto JM, SBY pantas mendapatkan penghargaan tersebut karena sejumlah hal. “Karena beliau memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Menjadi tempat untuk meminta nasehat. Karena wawasan yang luas itu, maka mampu menghadapi permasalahan bangsa serta memotivasi orang lain untuk bisa menuntut ilmu,” kata Hermanto dalam acara wisuda UPDM (B) di Jakarta Convention Cneter (JCC), Kamis (16/4/2015).

Selain itu, SBY juga dinilai memiliki kesantunan dalam membangun kehidupan antarbangsa yang harmonis. SBY bisa memberikan motivasi dan semangat kepada generasi muda dan sanggup menemukan jalan keluar dalam persaingan global.

Menurut Hermanto, banyak hal yang bisa ditiru dari sosok SBY terkait komitmen dan tugas-tugasnya selama menjabat sebagai presiden meski mendapat banyak hujatan di Tanah Air.

SBY juga pernah masuk sebagai salah satu tokoh Islam berpengaruh di dunia. Hal tersebut, kata Hermanto, bisa menunjukkan kenegarawanannya ketika sedang menjalankan tugas dan tercermin dalam kearifannya. “Atas dasar penilaian tersebut, maka Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) pun menganugerahi bintang kehormatan, sebagai guru bangsa,” ujar Hermanto.

Sementara, SBY yang saat ini aktif di dunia internasional tersebut mengaku bangga dan senang bisa dianugerahi gelar kehormatan dan dikukuhkan sebagai guru bangsa oleh UMB.

Menurut pria yang merupakan alumni SMAN 1 Pacitan ini, anugerah kehormatan tersebut dia persembahkan untuk Bangsa Indonesia yang telah mendukungnya selama menjabat sebagai presiden RI selama sepuluh tahun.

“Saya ucapkan terima kasih atas pengukuhan saya sebagai warga kehormatan dan guru bangsa. Apa yang saya dapatkan ini akan diteruskan kepada bangsa. Terutama selama saya menjabat sebagai presiden banyak dukungan dari bangsa ini kepada saya. Kepada mereka lah saya ucapkan terima kasih dan rasa hormat yang tinggi. Semoga hal ini jadi kontribusi untuk kehidupan bangsa yang lebih baik,” papar SBY. (RAPP002)