SBY : Akan Lahir Kembali Pemimpin dari Pacitan

oleh -101.400 views
SBY saat berkunjung ke SMPN 1 Pacitan. (Foto : @SBYudhoyono)
SBY saat berkunjung ke SMPN 1 Pacitan. (Foto : @SBYudhoyono)
SBY saat berkunjung ke SMPN 1 Pacitan. (Foto : @SBYudhoyono)
SBY saat berkunjung ke SMPN 1 Pacitan. (Foto : @SBYudhoyono)

Pacitanku.com, PACITAN – Kunjungan Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Pacitan disambut antusias ratusan siswa yang memang menunggu sang idola datang ke sekolah favorit di Pacitan tersebut.

Di hadapan para siswa dan guru, SBY pun berpesan agar senantiasa membimbing dan mengarahkan anak didik agar bisa menjadi lebih berguna bagi nusa dan bangsa.

”Saya mohon kepada para guru, selain membikin anak kita cerdas, mengetahui ilmu pengetahuan dan teknologi, tolong juga dibimbing, diarahkan, didorong untuk memiliki moral, etika, dan estetika yang baik agar mereka menjadi manusia-manusia paripurna,” kata SBY, Rabu (11/3/2015).

Pria yang merupakan putra dari Raden Soekotjo ini berharap, anak Pacitan sekarang mewarisi semangatnya meraih prestasi tanpa kehilangan jati diri dan kearifan lokal.

Terlebih, kata SBY, sejarah mencatat, meski di tengah keterbatasan fasilitas, generasi asal Pacitan masa lalu mampu bersaing dengan rekannya dari daerah lain. Bahkan putra terbaiknya pernah menjadi orang nomor satu di negeri ini.

”Kalau SBY bisa, saya (siswa/siswi) juga bisa. Inshaa Allah di masa depan lahir pemimpin-pemimpin negeri ini, pemimpin di bidang apa pun dari putra-putri Pacitan,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, di SMPN 1 Pacitan ini, SBY muda mengenyam pendidikan sejak tahun 1962 dan lulus tahun 1964. Selain membeberkan kisah inspiratifnya, SBY juga memberikan plakat berisi puisi kepada sejumlah siswa. Puisi berjudul ”Hari Lalu Anak Pacitan” menggambarkan keindahan alam Kota 1001 Gua dibalut riwayat heroik SBY muda dan dibacakan salah satu siswa. (RAPP002)