Ini Kenangan Sosok Raden Soekotjo Dimata SBY

oleh -Dibaca 6.667 kali
SBY mengunjungi pusara ayahanda R Soekotjo. (Foto : Rakhmad Adi M/FB)
SBY mengunjungi pusara ayahanda R Soekotjo. (Foto : Rakhmad Adi M/FB)
SBY mengunjungi pusara ayahanda R Soekotjo. (Foto : Rakhmad Adi M/FB)
SBY mengunjungi pusara ayahanda R Soekotjo. (Foto : Rakhmad Adi M/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono mengagendakan kunjungan pertama di Pacitan usai menjadi Presiden ke pusara ayahandanya R. Soekotjo yang berlokasi di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Selasa (10/3/2015) sore. Di mata SBY, sosok ayahnya adalah sosok pahlawan bagi dirinya.

SBY yang didampingi istrinya, Ani Yudhoyono dan putra bungsunya, Edhie Baskoro Yudhoyono, menggelar ziarah dan tahlil kecil dengan khusyuk.

Sosok R Soekotjo, ayah SBY memang orang yang spesial dimata SBY. Dan  tradisi ziarah itu ia lakukan setiap kali hendak melaksanakan tugas. “Ini sebagai bukti tanda bhakti seorang anak kepada ayahandanya,” tandasnya.

SBY pun menceritakan sejarah kehidupan R. Soekotjo yang dikenal tegas dan disiplin.

“Sekalipun berasal dari keluarga kurang berada, namun almarhum R.Soekotjo, sangat kaya ilmu. Dan yang lebih berkesan beliau selalu menekankan agar ikhlas melaksanakan tugas kenegaraan tanpa harus memilih tempat,” jelasnya.

Menurut SBY, hal itu pulalah yang kemudian dilaksanakan SBY, hingga saat ini. “Itulah petuah yang terus kami laksanakan disepanjang kehidupan. Termasuk kepada anak cucu kelak,” jelas Presiden GGGI ini.

Untuk diketahui, SBY adalah putra dari  Raden Soekotjo dan Siti Habibah, beliau adalah keturunan dari Nyai Ageng Ibnu Umar binti Ki Ageng Muhammad Besari. . Dari silsilah ayahnya dapat dilacak hingga Pakubuwana serta memiliki hubungan dengan trah Hamengkubuwana II. Yudhoyono yang dipanggil “Sus” oleh orangtuanya dan populer dengan panggilan “SBY” melewatkan sebagian masa kecil dan remajanya di Pacitan.

Usai menggelar ziarah, agenda SBY tadi malam adalah berbincang dan makan malam di pusat kuliner Minulyo bersama warga setempat. Sementara hari ini, Rabu (11/3/2015) SBY dijadwalkan menggelar sejumlah agenda, termasuk diantaranya kopi darat followers instagram Ani Yudhoyono. (RAPP002)