Pemerintah Gelontorkan Rp 5 M Bangun Jalan Lingkar Goa Gong

oleh -811 views
Goa Gong bakal ada tambahan fasilitas. (Foto : Dok.Pacitanku)
Goa Gong bakal ada tambahan fasilitas. (Foto : Dok.Pacitanku)
Goa Gong bakal ada tambahan fasilitas. (Foto : Dok.Pacitanku)
Goa Gong bakal ada tambahan fasilitas. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Pusat melalui Kementerian PU bakal menggerojokkan lagi anggaran sebesar Rp 5 miliar. Dana itu rencananya digunakan untuk membangun jalan lingkar masuk bagi pengunjung ke dalam Gua Gong. Dengan dibangunnya jalur ini, fasilitas di Goa terindah se Asia Tenggara itu semakin komplit.

Sebagaimana diketahui, saat ini ada banyak perubahan pada tampilan kawasan wisata Gua Gong. Misalnya, sudah dibangun kios cenderamata. Pengerjaannya rampung akhir tahun lalu dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp 2 miliar. Selain itu, pembangunan tempat parkir, tulisan goa gong gapura menghabiskan total anggaran lebih dari Rp 1,1 miliar.

Menurut Kapal Seksi Tata Bangunan DCKTRK Kabupaten Pacitan Tonny Setyo Nugroho mengungkapkan, saat ini pihaknya masih menghitung perincian anggaran dan konsep penataan Gua Gong. ’’Rencananya, nanti kami membangun jalan masuk setapak di sisi barat pintu plaza yang ada saat ini,’’ ujarnya seperti dilansir dari Jawapos, Selasa (24/2/2015).

Dikatakan Tonny, pihaknya sudah melakukan kajian lokasi. Berdasar hasil rapat internal beberapa waktu lalu, jalur tersebut nantinya dibuat seperti jalan gantung yang ditopang dengan beton. ’’Cek lokasi sudah. Kini tinggal menunggu kepastian anggarannya,’’ tuturnya,

Meski akan dibangun, namun pengerjaannya nanti dilakukan secara manual karena kondisi medan berat. ’’Semua dikerjakan secara manual, tidak menggunakan alat berat. Jadi, proses dan kapan selesainya menunggu penghitungan teknis di lapangan,’’ pungkasnya. (RAPP002)