Geliat Warga Widoro Kembangkan Potensi Wisata Pantai Banyutibo Pacitan

oleh -131.056 views
Pantai Banyutibo pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Pantai Banyutibo pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO – Keindahan pesona pantai Banyutibo diakui memang menjadikan pantai ini salah satu destinasi wisata favorit saat berkunjung ke Pacitan. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Donorojo

Pantai Banyutibo pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Pantai Banyutibo pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)

ini memang menjadi daya tarik tersendiri berkat air terjun banyutibo yang menjadi ciri khas pantai ini.

Dan hampir tiap akhir pekan, pengunjung pantai Banyutibo selalu banyak, meski akses jalan menuju ke pantai masih sempit, namun hal tersebut tak menghalangi para penikmat pantai mendatangi pantai satu ini.

akses jalan menuju pantai banyutibo Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
akses jalan menuju pantai banyutibo Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)

 

Keberadaan pantai ini menjadi berkah tersendiri bagi warga desa Widoro, Donorojo. Selain menambah kekayaan pantai di Pacitan, pantai ini juga menjadi denyut nadi ekonomi warga setempat, terutama warga dusun Widoro, desa Widoro, Donorojo. Meski belum terlalu dilirik pemerintah, warga setempat pun serempak untuk mengelola dan mengembangkan pantai ini secara swadaya.

Keuntungan ekonomis tersebut mereka dapatkan dari banyaknya pengunjung yang datang ke pantai ini, terutama setiap akhir pekan. Selain warung – warung kecil yang berjejer di pinggir pantai, warga setempat juga mendapatkan tambahan penghasilan dari pengelolaan pantai ini dari parkir dan jasa naik turun ke air terjun pantai banyutibo.

“Selain itu mulai dari penunjuk arah, juru parkir hingga para pemandu dan pedagang kecil semuanya adalah warga Widoro, selain itu juga jasa naik turun ke air terjun bagi para wisatawan,” kata Surahman, salah satu tokoh masyarakat desa Widoro, kepada Portal Pacitanku baru – baru ini.

Meskipun belum dikelola secara optimal oleh pemerintah, imbuh Rahman, pantai banyutibo selalu ramai setiap akhir pekan, dan bahkan jika wisatawan di pantai Klayar membludak, wisatawan pun dialihkan ke pantai Banyutibo sebagai pantai alternatif. “Pernah suatu ketika kita menerima rombongan tamu dari kelompok touring sepeda motor dan rombongan bus, dan alhamdulillah kita bisa mengelola rombongan tersebut berkat kerjasama dengan warga disini,” katanya.

Seperti diketahui, akses jalan menuju pantai Banyutibo masih sempit dan hanya berupa rabatan semen. Selain jalan yang cukup terjal, jalan tersebut hanya muat dilalui satu mobil, sehingga jika terjadi papasan, kendaraan akan mengalami kesulitan lewat dan rawan kecelakaan.

penunjuk arah pantai Banyutibo. (Foto : Dok.Pacitanku)
penunjuk arah pantai Banyutibo. (Foto : Dok.Pacitanku)

“Mengantisipasi hal itu, para juru parkir yang semuanya adalah warga sini kita bagi menjadi dua, kita juga membuat dua area parkir, yang satu di pinggir pantai dan yang satu lagi di bagian atas, ketika terjadi kondisi yang ramai, kita tempatkan petugas parkir dan penunjuk jalan untuk membantu perjalanan pengunjung,” jelas Rahman yang merupakan ketua RT 01 Widoro ini.

Rencananya, agar akses menuju pantai Banyutibo lebih baik dan lebar, Rahman mengungkapkan bahwa mulai tahun ini akan dimulai pelebaran jalan, dan diakhiri pengaspalan pada tahun 2015 mendatang. “Akses jalan disini terakhir diperbaiki sekitar tahun 2010, saat itu mantan Bupati Pacitan (alm) Suyono sedang tilik desa kesini, dan memberikan bantuan untuk melakukan perabatan jalan,” pungkasnya.

Selama ini, pantai Banyutibo memang menjadi salah satu alternatif tujuan wisata di wilayah kecamatan Donorojo, Pacitan. Pantai ini bahkan dinominasikan oleh netizen yang berpotensi goa ASEAN. Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah air terjunnya yang langsung ke laut.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di twitter @dwi_itudua)