Tahun Depan, Akses Jalan Menuju Pantai Banyutibo Diperbaiki

oleh -134.373 views
Akses Jalan Menuju Banyutibo yang masih sempit. (Foto : Dok.Pacitanku)
Akses Jalan Menuju Banyutibo yang masih sempit. (Foto : Dok.Pacitanku)
Akses Jalan Menuju Banyutibo yang masih sempit. (Foto : Dok.Pacitanku)
Akses Jalan Menuju Banyutibo yang masih sempit. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO – Keberadaan obyek wisata Pantai Banyutibo di Dusun Widoro, Desa Widoro, Donorojo menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan, baik wisatawan lokal ataupun wisatawan luar daerah. Namun demikian, sulitnya medan menuju ke obyek wisata tersebut menjadi kendala tersendiri, sehingga kabar akan diperbaikinya akses jalan menuju obyek wisata pantai dengan ciri khas air terjun ini menggembirakan warga Pacitan.

Rencananya, jika tidak ada halangan, tahun depan akan diperbaiki, namun sebenarnya mulai tahun 2014 ini, akses jalan menuju pantai Banyutibo akan diperlebar. Seperti diketahui, kondisi jalan menuju Pantai Banyutibo saat ini hanya rabatan dengan jalan yang sempit dan tanjakan yang cukup curam.

“Perbaikan jalan menuju Banyutibo rencananya akan dimulai dengan pelebaran dulu mas, yakni di tahun 2014 ini, baru kemudian tahun depan dilanjutkan dengan proses pengaspalan,” kata Surahman, Ketua RT 01 Dusun Widoro, Desa Widoro, Donorojo, saat berbincang dengan Portal Pacitanku baru – baru ini.

Lebih lanjut, Surahman mengungkapkan bahwa selama ini pengelola obyek wisata pantai Banyutibo mengeluhkan terkait merasa kesulitan jika pantai yang juga prospek go ASEAN ini kedatangan pengunjung, terutama saat akhir pekan, dimana pengunjung kesulitan masuk ke area pantai ini dikarenakan sempitnya jalan dan parkir yang terbatas.

“Kadang jika banyak teman – teman yang berkunjung kesini, kita sampai kerepotan, terutama area parkir dan sempitnya jalan, sehingga area parkir kita bagi menjadi dua, yang dipinggir pantai dan diatas,” paparnya.

Selama ini, pihak pengelola pantai yang hampir semuanya adalah warga Dusun Widoro cukup bisa mengelola pantai Banyutibo ini, walaupun akses menuju pantai ini masih sulit, yakni hanya berbentuk rabatan semen.

“Terakhir akses jalan menuju kesini dibangun saat itu (alm) Bupati Bapak Suyono sedang tilik desa kesini sekitar tahun 2010, sekaligus memberikan bantuan untuk merabat jalan, itu terakhir jalan menuju kesini diperbaiki,” terang pria yang juga pengamanan pantai tersebut.

Seperti diketahui, pantai Banyutibo adalahs alah satu pantai yang menjadi obyek wisata unggulan di Pacitan. Selain memiliki ciri khas air terjun yang langsung jatuh ke pantai, pantai ini juga cukup unik karena ada area stalagtit dan stalagmit di pantai yang saat ini masih dikelola swadaya oleh warga dusun setempat.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di twitter @dwi_itudua)