Sering Terjadi Kecurian, Warga Tegalombo Tingkatkan Keamanan dengan Ronda

oleh -131.678 views
Jalanan sepi di Tegalombo. (Dok.Pacitanku)
Jalanan sepi di Tegalombo. (Dok.Pacitanku)
Jalanan sepi di Tegalombo. (Dok.Pacitanku)
Jalanan sepi di Tegalombo. (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Maraknya kasus kejahatan yang terjadi akhir – akhir ini di Pacitan membuat warga setempat merasa resah. Untuk itu, warga pun melakukan inisiatif dengan meningkatkan intensitas ronda malam, seperti yang dilakukan warga Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo, Pacitan.

Peningkatan intensitas pengamanan tersebut dilakukan setelah belum lama ini ada kasus pencurian yang mengakibatkan kambing miliki warga hilang mendadak. “Belum lama ini, tiga kambing milik Pak Yatno, warga RT 09/X Sidomakmur dicuri, berlanjut malam berikutnya, dua kambing milik pak Warjito Tumpang juga mengalami kejadian yang sama,” kata Suparwan, Ketua RT 08/X Sidomakmur, Desa Kasihan kepada Portal Pacitanku, Ahad (8/6/2014).

Bukan hanya itu, kata Suparwan, warga setempat juga melihat gelagat mencurigakan di rumah warga, dimana tiba – tiba sapi peliharaan sang warga mendadak berisik di dini hari. “ Di rumah Pak Miswanto, di malam itu beliau menemukan sapinya ndrengkeli (bergetar), lalu kemudian beliau menemukan ada sosok lelaki yang bersembunyi di kamar mandi umum,” katanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, dirinya bersama para pemuda dan warga setempat segera melakukan langkah antisipatif dengan menggiatkan ronda malam di pos kamling setempat. “Kalau tidak kita yang mencegah, siapa lagi? Mumpung belum ada kejadian, maka setiap malam kita giatkan jaga malam, terutama sekitar jam – jam rawan,”jelas pria yang juga Guru SDN Gemaharjo III ini.

Selain pencurian kambing, beberapa waktu lalu di kawasan pasar Sudimoro juga terjadi perampokan yang mengakibatkan kerugian di sebuah toko emas.

Redaktur : Dwi Purnawan