Perbaikan, Akses Jalur Pacitan-Wonogiri Ditutup Sementara

oleh -132.180 views
Jalan menuju Pacitan. (Foto : Suara Merdeka)
Jalan menuju Pacitan. (Foto : Suara Merdeka)
Jalan menuju Pacitan. (Foto : Suara Merdeka)
Jalan menuju Pacitan. (Foto : Suara Merdeka)

Pacitanku.com, WONOGIRI – Akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Pacitan dan Wonogiri melalui Giribelah-Mukus bakal dialihkan melalui Giriwoyo-Giritontro dan sebaliknya mulai Senin (9/6) pekan depan. Pengalihan arus lalu lintas tersebut dikarenakan jalan Giribelah-Mukus akan dimulai pembangunannya dan ditutup sementara.

Menurut Satker Jalan Nasional Wilayah 2 Jawa Tengah, Agung Heri Prabowo mengatakan, perbaikan jalan itu semula dijadwalkan April-Desember. Namun, karena ada agenda pembebasan lahan untuk pelebaran jalan, perbaikan baru akan dimulai dalam waktu dekat ini.

“Kami akan memperbaiki jalan itu. Panjangnya 7,5 kilometer. Tetapi karena eksisting jalannya sempit, terdapat tanjakan dan turunan, akan dilakukan pengaturan lalu lintas. Kemungkinan akan ditutup sebagian atau pengalihan lalu lintas melalui Giriwoyo,” katanya usai mengikuti rakor pembangunan jalan Giritontro-Pacitan di Pemkab Wonogiri, Jumat (6/6) seperti dilansir dari Suara Merdeka.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Wonogiri yang sudah memfasilitasi sehingga proses pembangunan jalan Giribelah-Musuk segera terelaisasi. ”Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemkab Wonogiri yang hari ini telah memfasilitasi dan mengkondisikan dengan semua instansi terkait dalam pembangunan jalan Giribelah-Musuk ini, karena terkait dengan pembebasan lahan milik Perhutani dan warga sekitar. Kalau pengerjaan lancar, Desember 2014 ini sudah selesai,” katanya.

Rencananya, jalan Giritontro-Pacitan rencananya akan diperlebar, dari sekitar 4-5 meter menjadi tujuh meter. Jika ditambah dengan bahu jalan dan drainase, lebar keseluruhan bisa mencapai 12,5 meter.

Untuk itu, Pemkab telah menganggarkan dana sebesar Rp 5,5 miliar guna membebaskan lahan di sekitar jalan tersebut. Adapun pemerintah pusat mengalokasikan dana sekitar Rp 42 miliar untuk membangun jalan.

Jalan Giribelah-Mukus merupakan jalan alternatif Wonogiri-Pacitan (Jatim). Rencananya, pembangunan fisik jalan sepanjang 7,5 kilometer tersebut segera dimulai. Sedang untuk akses lalu lintas warga sekitar tidak masalah, karena mereka masih tetap bisa menggunakan jalan tersebut, hanya saja untuk kendaraan besar (truk, minibus, bus) dari dan menuju Wonogiri atau Pacitan disarankan untuk memutar arah melalui Kecamatan Giriwoyo.

Redaktur : Robby Agustav