Senin, Jalur Mudik SBY ke Pacitan via Giribelah Wonogiri Ditutup Total

oleh -1316.439 views
Jalan menuju Pacitan. (Foto : Suara Merdeka)
Jalan menuju Pacitan. (Foto : Suara Merdeka)
Jalan menuju Pacitan. (Foto : Suara Merdeka)
Jalan menuju Pacitan. (Foto : Suara Merdeka)

Pacitanku.com, WONOGIRI – Proyek pembangunan jalur mudik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Pacitan melalui Giribelah, Kecamatan Giritontro-Mukus, Kabupaten Pacitan sepanjang 7,5 km akan dimulai Senin (16/6/2014). Dengan demikian, jalan tersebut ditutup total mulai Senin (16/6) dikarenakan proyek jalan itu segera dikerjakan.

Menurut Camat Giritontro, Joko Waluyo, kendaraan berat seperti truk dan bus menuju jalan Giribelah-Mukus atau sebaliknya akan dialihkan melewati Giriwoyo. Sementara sepeda motor dialihkan melewati jalur alternatif atau jalan pedesaan.

“Kondisi jalan cukup sempit jadi kendaraan berat akan dialihkan melewati Giriwoyo. Untungnya, tak ada bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang melewati jalur Giribelah-Mukus,” katanya seperti dilansir dari Solopos.com, Sabtu (14/6/2014).

Dikatakan Joko, pihaknya telah berkoordinasi langsung dengan satuan kerja (satker) pelaksanaan jalan nasional wilayah II Jateng terkait rencana penutupan jalan Giribelah-Mukus. Rencananya, pemasangan rambu-rambu lalu lintas penutupan jalan dilakukan pada Minggu (15/6/2014). “Alat berat sudah datang beberapa hari lalu. Kami sudah mendapat kepastian pengerjaan proyek pembangunan jalan langsung dari tim satker pelaksanaan jalan nasional wilayah II Jateng,” papar dia.

Proyek ini pertama dikerjakan di lahan milik Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perum Perhutani). Setelah kelar, pengerjaan proyek pembangunan jalan dilanjutkan di lahan milik warga. Diperkirakan, proses negosiasi kompensasi lahan milik warga dilaksanakan pascaLebaran mendatang.

“Jalan Giribelah-Mukus dikeruk beberapa meter untuk tahap pertama. Kemungkinan, pengerjaan proyek pembangunan jalan di lahan milik warga pada awal Agustus,” tandas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Ismiyanto, menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Wonogiri perihal rencana penutupan jalan Giribelah-Mukus. Pihaknya juga telah menyiapkan rambu-rambu lalu lintas di sekitar lokasi jalur tersebut.

“Rambu-rambu lalu lintas telah disiapkan di sekitar lokasi jalan Giribelah-Mukus. Jika diperlukan, petugas akan disiagakan untuk mengatur arus lalu lintas,” terang dia.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Wonogiri, Edi Sutopo menambahkan sesuai kontrak, proyek pembangunan jalan Giribelah-Mukus dikerjakan hingga Desember. Dalam waktu dekat, tim appraisal dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Wonogiri akan melakukan negosiasi kompensasi lahan milik warga setempat.

Redaktur : Robby Agustav