Ribuan Siswa SD di Pacitan Tuntaskan UN dengan Lancar

oleh -Dibaca 1.134 kali
Ilustrasi siswa SD di Pacitan tampak antusias mengerjakan soal US. (Foto : Doc. Info Pacitan)
Ilustrasi siswa SD di Pacitan tampak antusias mengerjakan soal US. (Foto : Doc. Info Pacitan)
Siswa SD di Pacitan tampak antusias mengerjakan soal UN. (Foto : Doc. Info Pacitan)
Siswa SD di Pacitan tampak antusias mengerjakan soal UN. (Foto : Doc. Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Indonesia berakhir hari ini, Rabu (21/5/2014) dengan lancar. Hal yang sama juga terjadi di Kabupaten Pacitan, dimana semua proses UN bagi siswa kelas 6 SD dan MI berlangsung dengan lancar.

“Alhamdulillah berjalan dengan baik, anak – anak mengerjakan dengan atusias disetiap soal yang diberikan,” kata Sunartin, Kepala Sekolah SDN Kasihan IV, Tegalombo, saat dikonfirmasi Portal Pacitanku, Rabu (21/5/2014).

Untuk memastikan berlangsungnya UN lancar, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa SD di Pacitan. Tercatat, setelah Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan, Suko Wiyono melakukan sidak di SD di Kecamatan Pacitan, hari ini, agenda sidak juga dilakukan oleh Bupati Pacitan, Indartato di beberapa SD di Kecamatan Arjosari.

Meski secara umum demikian, ditemukan kasus dalam UN kali dalam lembar soal mata pelajaran Bahasa Indonesia nomor dua tidak ada pilihan D, ada empat pilihan jawaban, namun dua di antarnya pilihan A. Namun akhirnya sedikit kendala  tersebut terselesaikan dengan adanya opsi A yang terakhir diputuskan sebagai opsi D.

Seperti diketahui, sejak hari Senin (19/5/2014) kemarin, sebanyak 7.163 siswa SD dan 1.081 siswa MI di Kabupaten Pacitan mengikuti UN. Mereka terbagi dalam 416 SD penyelenggara SD dan 100 MI. UN juga diikuti enam siswa SDLB di tiga sekolah penyelenggara. Total peserta berkurang dua siswa dari daftar nominasi sementara (DNS) Dindik Pacitan karena keduanya pindak domisili sebelum Ujian.

Redaktur : Ajeng