Serius Perbaiki Jembatan, Pemkab Pacitan Siapkan Dana 3,4 M

oleh -101.883 views
Jembatan Belly Tegalombo sebelum diperbaiki. (Foto : Dok.Pacitanku)
Jembatan Belly Tegalombo sebelum diperbaiki. (Foto : Dok.Pacitanku)
Jembatan Belly Tegalombo yang akan segera diperbaiki. (Foto : Dok.Pacitanku)
Jembatan Belly Tegalombo yang akan segera diperbaiki. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Rusaknya beberapa jembatan vital di Pacitan membuat arus transportasi di beberapa titik terhambat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menyatakan akan serius untuk membenahi infrastruktur jembatan yang rusak maupun yang sudah dimakan usia.

Tak tanggung – tanggung , anggaran besar bakal dikucurkan untuk perbaikan jembatan rusak yang tersebar di beberapa wilayah tersebut. Total mencapai Rp 3,406 miliar untuk mengerjakan tujuh jembatan di Pacitan.

Salah satu jembatan yang akan menjadi perhatian Pemkab adalah jembatan Belly di Kecamatan Tegalombo. Kondisi jembatan penghubung Kecamatan Tegalombo menuju Tulakan dan Ngadirojo ini cukup memprihatinkan membuat warga yang melewati jembatan belly tersebut merasa khawatir.

“Insyaallah mulai tahun ini saget (bisa-red) mulai dikerjakan agar kondisinya lebih baik. Namun demikian warga harus sabar jika nanti untuk sementara harus memutar jika akan menuju ke Tulakan ataupun sebaliknya,” kata Indartato, Bupati Pacitan saat melakukan tilik desa di Dusun Kalitengah, Desa Kasihan, Tegalombo, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Pacitan, Suparlan mengatakan proses perbaikan tujuh jembatan itu rencananya akan dilakukan Mei 2014.

Selain jembatan di Tegalombo, jembatan yang akan diperbaiki antara lain Kalimider, Kedungmote, Borang dan Nogosari. Sedangkan, jembatan Cangkring Tahap IV, akses timur stadion tahap II dan Sukorejo berupa pengerjaan pembangunan jembatan baru. ‘’Saat ini proses lelang sudah selesai, tinggal dilaksanakan. Rencananya, bulan depan (Mei) sudah bisa dimulai,’’ terangnya.

Delapan jembatan yang rusak imbas terjangan banjir sejak Desember 2013-Maret 2014, akan dianggarkan tahun depan. Sebab, proyek ini telah diproyeksikan untuk direhabilitasi karena menjadi akses penopang utama mobilitas serta perekonomian masyarakat setempat.

Redaktur : Robby Agustav