Kapal Pacitan Hari ini Diresmikan SBY

oleh -101.678 views
kapal Pacitan foto VIVA
kapal Pacitan foto VIVA
kapal Pacitan foto VIVA
kapal Pacitan foto VIVA

Pacitanku.com, CILEGON— Dua kapal nasional (KN) jenis Katamaran akan dirilis di Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten, hari ini, Rabu (5/3/2014), bertepatan dengan peringatan HUT ke-42 Basarnas di Pelabuhan Indah Kiat, Merak.

Kapal baru tersebut diberi nama sesuai dengan tempat kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ani Yudhoyono, yaitu KN Purworedjo atau SAR 101 (kota kelahiran Ani) dan KN Pacitan atau SAR 102 (kota kelahiran SBY).

Kedua kapal itu adalah kapal nasional (KN) Pacitan atau SAR 102 dan KN Purworejo atau SAR 101. Pacitan merupakan kota kelahiran SBY. Sedangkan Purworedjo merupakan kota kelahiran Ibu Ani.

Catamaran merupakan jenis kapal cepat yang memiliki kecepatan maksimal 29 knot, selain mempunyai stabilitas tinggi, mampu beroperasi di cuaca buruk dan memiliki landasan helikopter.

Apel kesiapsiagaan ini juga didukung simulasi peragaan tim dari Basarnas dan potensi SAR dengan peralatan 2 unit pesawat Cassa, 2 unit helikopter Dauphin, 2 unit helikopter BO-105, dan dua unit Rescue Boat Catamaran.

Selain itu dilibatkan pula 2 unit Hovercraft, 1 unit rescue boat, 2 unit RIB, 9 unit Rubber Boat, 5 unit paramotor, 2 unit ambulans, 2 unit amphibious boat, 1 unit multi purpose Vehicle, 1 unit Hagglund, 6 unit truk pengangkut personil, 20 motor trail, dan peralatan lainnya.

Kapal Katamaran ini dirancang untuk kepentingan Basarnas karena sudah dilengkapi dengan segala fasilitas untuk penyelamatan dan pencarian korban kecelakaan serta halypad. Setelah peresmian nanti oleh Presiden SBY, kedua kapal ini akan dikirim ke dua daerah, yaitu KN Pacitan akan dikirim ke laut Kendari dan KN Purworedjo dikirim ke Batam. 

Redaktur : Robby Agustav