PDIP Pacitan Protes Bendera Kebesaran Dicopot

oleh -1.213 views
giyanto caleg PDIP
giyanto caleg PDIP
giyanto caleg PDIP
giyanto caleg PDIP (Foto : Pesatnews.com)

Pacitanku.com, PACITAN—Jajaran pengurus  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Pacitan memprotes pencopotan bendera PDI-P dan poster para calon anggota legislatifnya di wilayah Pacitan.

Pencopotan itu disebut dilakukan oleh kader Partai Demokrat untuk menyambut kunjungan Sekretaris Jenderal DPP sekaligus caleg DPR dari Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

“Ada instruksi (pencopotan atribut PDI Perjuangan) dengan alasan sterilisasi kunjungan Ibas. Instruksi itu dilakukan atas perintah struktur partai, diteruskan ke pengurus kecamatan dan dieksekusi oleh pengurus tingkat desa,” kata Giyanto, caleg DPRD Provinsi Jawa Timur PDI-P Daerah Pemilihan VII, Rabu (5/3/2014) seperti dilansir Kompas.

Ia menyatakan bahwa menurut informasi yang dia terima, Ibas akan berkeliling wilayah Pacitan mulai hari ini sampai 14 Maret 2014. PDI-P, kata dia, siap melawan tindakan sewenang-wenang pihak Demokrat itu sesuai aturan yang ada. Setidaknya, kata dia, lebih dari 70 bendera PDI-P telah diturunkan.

Pihaknya menuntut agar bendera PDI-P yang telah diturunkan segera dipasang kembali. Ia menganggap hal itu menyangkut simbol dan martabat partainya. Pihaknya juga mendesak Demokrat meminta maaf secara institusi demi menjaga ketertiban penyelenggaran Pemilu 2014.

Tak hanya terkait penurunan bendera, Giyanto juga mempermasalahkan kunjungan Ibas ke Pacitan. Dia bakal melaporkan kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat jika Ibas melakukan kampanye terbuka sebelum waktu yang ditetapkan.

“Ibas caleg PD Dapil Jatim VII sudah memulai kampanye terbuka sejak 5 Maret 2014. Ia akan berkampanye dengan membuat panggung di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Hal itu menyalahi aturan kampanye. Kepada Panwaslu serta penyelenggara pemilu untuk bertindak adil sesuai PKPU Nomor 17,” pungkasnya.

Redaktur : Robby Agustav