Abu Vulkanik Kelud Menyebar, Bupati Pacitan Turun Ke Jalan Bagikan Masker

oleh -Dibaca 886 kali
Bupati Indartato bagikan Masker ke Pengguna Jalan (Foto : Humas Pemkab Pacitan)
Foto Ilustrasi: Bupati Indartato saat membagikan Masker ke Pengguna Jalan, beberapa waktu lalu (Foto : Humas Pemkab Pacitan)
Bupati Indartato bagikan Masker ke Pengguna Jalan (Foto : Humas Pemkab Pacitan)
Bupati Indartato bagikan Masker ke Pengguna Jalan (Foto : Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN—Selain wilayah lainnya di sekitar gunung Kelud, Kabupaten Pacitan adalah salah satu daerah terdampak kelud yang cukup banyak. Dari pantauan Portal pacitanku, hampir disemua titik di daaerah Pacitan terkena hujan abu vulkanik gunung kelud.

Menghadapi kondisi darurat itu, Bupati Pacitan Indarto langsung turun tangan ke lapangan membagikan masker kepada pengendara di Jalan Penceng di Pusat Kota, Jumat siang. Selain membagikan masker, bupati berharap  waspada dan selalu menutup hidungnya dengan masker.

“Jadi yang pertama kegiatan masing-masing kena debu. Tolong kejadian semacam ini kita lebih hati-hati. Sekali lagi untuk menjaga diri dan agar tidak keluar rumah bila tak penting sekali,” kata Indarto, seperti dikutip dari RRI, Jumat (14/2/2014).

Menurut Indarto, debu vulkanik yang cukup tebal ini mempengaruhi aktifitas masyarakat Pacitan, termasuk aktifitas perkantoran pemerintah dan sekolah. Ia menghimbau agar seluruh karyawan PNS maupun karyawan swasta, serta masyarakat umumnya untuk menggunakan masker dalam beraktifitas.

Selain membagikan masker, Pemkab juga memberikan dispensasi kepada SD di empat kecamatan terdampak abu vulkanik, yakni Tegalombo, Bandar, Nawangan, Punung dan Donorojo. Selain siswa SD, seluruh karyawan yang bekerja di luar kantor juga diminta melengkapi diri dengan kain penutup mulut dan hidung.

Redaktur : Robby Agustav