Etalase Geopark Gunung Sewu di Pancer Dibuka Awal Tahun Depan

oleh -13718 views
Etalase Geopark Pacitan (Dok.Pacitanku)
Etalase Geopark Pacitan (Dok.Pacitanku)
Etalase Geopark Pacitan (Dok.Pacitanku)
Etalase Geopark Pacitan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Setelah proses pembangunan hampir selesai, fasilitas Etalase Geopark Gunung Sewu untuk geo area Pacitan yang terletak di kompleks wisata Pantai Pancer, Pacitan akan mulai digunakan dan dibuka mulai awal tahun depan. Dengan dibukanya kompleks etalase ini, dipastikan akan menjadi destinasi wisata baru di kawasan Pantai Pancer Pacitan.

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan masih hingga kini masih menunggu proses penyerahan kedua untuk obyek pengisi etalase, dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Belum lama ini dari Badan Geologi kami dapat informasi kalau barang-barangnya sudah siap dikirim. Kemungkinan tahun depan sudah bisa mulai ditata,” ujar Eny Setyowati, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan seperti dikutip Surya Online, Senin (23/12/2013).

Museum etalase Geopark ini pembangunannya sebenarnya telah tuntas pada 2012 silam. Fasilitas seluas 600 meter persegi itu dibangun dengan anggaran Rp 6 miliar, dengan rincian gedung dibangun dengan dana Rp 2,4 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, lalu untuk obyek isian etalase tersebut senilai Rp 3,6 miliar dari Kementerian ESDM yang saat ini dipimpin oleh Jero Wacik.

“Untuk 2014 nanti kami akan mengusulkan pembangunan taman batu di sekitar etalase dan anggarannya diperkirakan sebesar 1,5 miliar. Mudah-mudahan disetujui,” pungkasnya.

Dari pantauan Portal Pacitanku, selasa (24/12/2013) setidaknya beberapa pekerja masih melakukan proses finishing etalase yang terletak disamping taman Pancer Door dan bumi perkemahan Pancer Door tersebut. Etalase ini rencananya berisi berbagai macam produk dari geopark untuk area Pacitan, seperti produk biologi, geologi, manusia dan budaya.

Redaktur : Robby Agustav