Indartato : Pembangunan Waduk Tukul Masih Panjang, Warga Jangan Terburu

oleh -13546 views
Rencana Waduk Tukul
Rencana Waduk Tukul
Rencana Waduk Tukul
Rencana Waduk Tukul

Pacitanku.com, ARJOSARI—Terkait rencana pemerintah membangun Waduk Tukul di Desa Karanggede, Arjosari, Pacitan, Bupati Pacitan, Indartato meminta kepada warga setempat untuk tidak terburu-buru dan sabar akan proses yang sedang berjalan. Hal ini dikatakan Indartato saat melakukan agenda tilik Desa dan Penghijauan, Selasa (24/12/2013) di Desa Karanggede, Arjosari.

Dikatakan Indartato, pembangunan waduk yang beberapa waktu lalu sempat menimbulkan polemik sehingga akhirnya tempatnya digeser tersebut masih dalam proses yang panjang. “Semua akan berjalan baik jika patuh dan taat pada peraturan yang berlaku, dan pemerintah akan selalu berpihak kepada rakyat,” kata Indartato di hadapan warga setempat.

Seperti diketahui, pembangunan waduk Thukul yang diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto beberapa waktu lalu bersamaan dengan dua waduk lainnya mendapatkan reaksi warga setempat, walaupun secara umum mereka menerima pembangunan bernilai ratusan milyar tersebut.

Yang menjadikan warga resah adalah belum adanya kejelasan pembebasan lahan relokasi atas tiga dusun terdampak waduk Thukul, yakni Dusun Thukul, Mendang dan Krajan. Sebenarnya para warga telah siap berpindah sewaktu –waktu, namun yang ditunggu warga adalah kepastian negosiasi dari pemerintah. Estimasi ganti rugi tersebut dengan rindian untuk lahan Pekarangan Rp.350 ribu/meter, lahan Sawah Rp.300 ribu per meter,dan lahan ladang Rp.200 ribu per meter.

Rencananya, untuk proses pembangunan Waduk Tukul di Pacitan ini sendiri akan menganggarkan dana 570 miliar dan akan dilaksanakan oleh PT Brantas Abikarya.

Redaktur : Robby Agustav