Meningkatkan Produksi Ikan Tuna Pacitan dengan Diversifikasi Pangan

oleh -13739 views
Ikan tuna Pacitan dan olahannya
Ikan tuna Pacitan dan olahannya
Ikan tuna Pacitan dan olahannya
Ikan tuna Pacitan dan olahannya

Pacitanku.com, PACITAN—Sebagai daerah bahari, sektor kelautan dan perikanan merupakan salah sektor utama dalam pertumbuhan ekonomi kabupaten Pacitan. Dari data yang diperoleh Portal Pacitanku, setidaknya tiap tahun pertumbuhan nelayan Pacitan dan hasil produksi tangkap ikannya terus meningkat. Seperti data tahun 2011, di Pacitan terdapat 3.797 nelayan dengan produksi tangkap mencapai 5.056 ton pada tahun 2011, naik dari 4.555 ton di tahun 2009.

Sementara itu, tingkat konsumsi ikan di Pacitan masih dsedikit, yakni baru 10.02 kg perkapitan pertahun. Meskipun menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya tetapi masih jauh di bawah angka konsumsi ikan Provinsi Jawa Timur, 17,31 kg dan angka harapan nasional yang telah mencapai 30,34 kg per kapita tahun.

Dengan kondisi demikian, maka muncul gagasan untuk melakukan pengembangan atau diversifikasi olahan ikan tuna yang nantinya diharapkan dapat menjadi produk olahan unggulan dari Pacitan, sehingga pasca terjadi diversifikasi, ikan tuna tidak hanya diniimati dalam bentuk ikan saja, melainkan dinikmati dengan berbagai olahan menu ikan tuna.

Bentuk olahan ikan tuna yang banyak diproduksi di Pacitan adalah tahu tuna, kerupuk, abon, nugget, otak – otak tuna, sosis, lumpia, dan juga kerupuk pangsit tuna. Dan dari hasil diversifikasi pangan olahan ikan tuna Pacitan tersebut, terbukti mampu menjadi penunjang sarana promosi pariwisata Pacitan.

Olahan ikan tuna tersebut umumnya dibuat oleh produsen setempat dengan menggunakan bahan ikan tuna segar dengan hasil produk setengah matang, atau bisa diniimati dalam bentuk goring dan rebus, seperti kerupuk dan pangsit tuna.

Redaktur : Robby Agustav