Pesantren Tremas (1) : Spirit Islam dari Tlatah Pacitan

oleh -13565 views
Pesantren tremas (Foto Dok.Pacitanku)
Pesantren tremas (Foto Dok.Pacitanku)
Pesantren tremas (Foto Dok.Pacitanku)
Pesantren Tremas (Foto Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, ARJOSARI — Pesantren Tremas yang telah berdiri sekitar 1 abad yang lalu menjadi ikon perkembangan Islam di Pacitan. Hal ini dikarenakan karena memang pondok pesantren yang berada di Desa Tremas, Kecamatan Arjosari ini telah sangat berjasa dalam menyebarkan Islam di tanah Pacitan, mulai dari awal berdirinya pondok, sampai sekarang.

Tentu keberadaan pondok pesantren ini menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Pacitan, apalagi kurikulum khas pesantren dibentuk sedemikian rupa sehingga dalam perjalanannya, para santri di desain untuk menjadi manusia muslim seutuhnya. Keberhasilan pondok dalam membentuk pribadi santri nampak sekali terkait dengan suasana batin yang berhasil dibangun.

Hal tersebut Nampak dalam Kegiatan pesantren yang selalu diwarnai oleh suasana spiritual. Kegiatan sehari-hari di pesantren sebagai kyai, ustadz dan juga santri, diwarnai oleh semangat beribadah. Mereka melakukan tugas-tugas itu atas panggilan, motivasi dan dorongan batin yang ikhlas.

Mereka bekerja dan belajar bukan didorong oleh semangat sederhana, misalnya sekedar memperoleh upah, gaji, sertifikat atau ijazah. Aktivitas mereka juga bukan digerakkan oleh kekuatan eksternal, seperti misalnya memenuhi peraturan atau bahkan undang-undang dari pemerintah. Melainkan, digerakkan oleh kekuatan dari dalam. Kekuatan itu bersumber dari dalam hati, sehingga tidak akan terpuaskan hanya karena telah terpenuhi aspek formalnya.

Saat ini, Pesantren Tremas sudah berkembang dengan sangat pesat, mulai dari metodologi pengajaran, sampai dengan fasilitas pendukungnya. Tercatat ribuan santri sudah pernah mengenyam pendidikan disini. Dan saat ini, Pesantren yang pernah merasakan masa – masa kemunduran ini di asuh oleh sekitar 142 ustadz/ustadzah yang terbagi di berbagai tingkat pendidikan.

Tingkat pendidikan tersebut antara lain TK Al-Tarmasi, TPQ Al-Tarmasi, Madrasah Diniyah Awwaliyah Al-Tarmasi, Madrasah Tsanawiyah Al-Tarmasi, Madrasah Aliyah Salafiyah Mu’adalah, Ma’had ‘Aly Al-Tarmasi, Community Acces Point, dan Attarmasie English Course.

Sumber : Pesantren Tremas

Redaktur : Dwi Purnawan

Edisi Liputan Khusus Redaksi Pacitanku.com kali ini akan membahas sejarah salah satu pondok di Pacitan yang memiliki latar historis Islam yang kuat di tanah jawa, dan akan tayang di website setiap hari mulai hari Sabtu, 7 -10 Desember 2013 setiap pukul 11.20 WIB.