Pemkab Pacitan Siapkan Pembangkit Mikro Hidro

oleh -13430 views
PLTU Sudimoro (Dok.Pacitanku)
PLTU Sudimoro (Dok.Pacitanku)
PLTU Sudimoro (Dok.Pacitanku)
PLTU Sudimoro (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Pertambangan dan Energi menyatakan akan menyiapkan pengembangan pembangkit mikro hidro, atau pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat. Hal tersebut untuk mengatasi banyaknya warga Pacitan yang belum menikmati aliran listrik, padahal seperti diketahui pemerintah baru saja meresmikan PLTU Sudimoro Oktober lalu.

Menurut Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Sar Setyo Utomo, pengembangan tersebut akan dilakukan secara bertahap lantaran membutuhkan biaya tinggi. Untuk rencana anggaran 2014 saja, dinas mengusulkan dana pengembangan mencapai Rp 200 miliar. ‘’Belum tahu disetujui atau tidak. Itu nanti terserah ketersediaan dana di tingkat pusat,’’ katanya, seperti dikutip Radarmadiun.info, Senin (2/12/2013).

Untuk sementara, kata Setyo, masyarakat masih menggunakan ublik atau lampu penerang berbahan bakar minyak dan PLTS. Atau ada sebagian warga yang mengolor kabel untuk mendapat aliran listrik. Hal itu terpaksa dilakukan meskipun jarak sumber listrik cukup jauh. ‘’Belum bisa memastikan kapan bisa teraliri listrik. Yang jelas kami akan terus mengupayakan,’’ pungkasnya.

Seperti diketahui, sekitar 2000 KK di wilayah dataran tinggi Kecamatan Tegalombo dan Bandar belum bisa menikmati listrik dikarenakan jangkauannya yang terlalu tinggi.