Hari ini, SBY Resmikan PLTU Sudimoro

oleh -13997 views
PLTU Sudimoro
PLTU Sudimoro
PLTU Sudimoro
PLTU Sudimoro

Pacitanku.com, PACITAN—Kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan mulai Selasa-Kamis (15-17/10) rencananya akan meresmikan megaproyek nasional, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Teluk Bawur, Sudimoro, Pacitan hari ini, Rabu (16/10) di Sudimoro

PLTU Sudimoro sendiri merupakan bagian dari proyek percepatan pembangunan tenaga listrik 10 ribu MW tahap pertama. Lokasi Proyek PLTU 1 Jatim, Pacitan terletak di laut selatan pulau Jawa, Desa Sukorejo, kecamatan Sudimoro, sekitar 30 km arah timur Pacitan, Jawa Timur.

Pemancangan tiang pertama pembangunanya dimulai sejak tahun 2007 lalu. PLTU ini memiliki berkapasitas 2 x 315 MW dan dibangun dengan  anggaran sekitar Rp 2,95 triliun. Jika sudah beroperasi penuh, diharapkan pasokan listrik Jawa-Bali tidak akan mengalami defisit lagi.

Pembangunan proyek PLTU tersebut guna mengejar pasokan tenaga listrik yang akan mengalami defisit sampai beberapa tahun mendatang, serta menunjang program diversifikasi energi untuk pembangkit tenaga listrik ke non bahan bakar minyak (BBM) dengan memanfaatkan batubara berkalori rendah (4200 kcal/kg.).

Selain meresmikan PLTU, SBY juga dijadwalkan melakukan serangkaian kegiatan. Hari pertama,  Presiden beserta sejumlah menteri kabinet Indonesia Bersatu II meresmikan sejumlah proyek nasional lainnya, yakni Gelanggang Olahraga, dan Akademi Komunitas. Masjid Agung Darul Falah juga bakal diresmikan oleh Presiden.

Kepala Penerangan Komando Resor Militer Dirotsaha Jaya, Mayor (Inf) Budi Yuwono mengemukakan rencana kunjungan Presiden tersebut saat ditemui wartawan, Selasa. (15/10). “Beliau juga akan menghadiri lomba cipta lagu SBY,” kata Budi.

Terpisah, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Pacitan, Putatmo Sukandar, menambahkan, Ibu Negara Ani Yudhoyono juga akan ikut dalam kunjungan kerja Presiden tersebut. Selama SBY berada di Pacitan, ia melanjutkan, SBY akan menempati pendopo pemerintah kabupaten setempat sebagai tempat tinggal. “Sudah kami persiapkan sejak sebulan lalu,” Kata Putatmo.

Sumber/Foto : Tajuk