Pilgub Jatim, Karsa Nyatakan Siap Hadapi Kofifah-Herman

oleh -13523 views
Khofifah Lolos Cagub Jatim
Khofifah Lolos Cagub Jatim

Pacitanku.com, SURABAYA—Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur incumbent, Soekarwo-Saifullah Yusuf, menyatakan siap bersaing menghadapi pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur.

“Kalau Khofifah pada akhirnya nanti lolos dengan memenangkan gugatan PTUN juga, saya mengucapkan selamat bertarung,” kata Saifullah Yusuf di Surabaya, Rabu (31/7).

 Sebelumnya, DKPP menonaktifkan tiga komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim dan meminta penetapan peserta pilgub Jatim ditinjau ulang. DKPP juga meminta secara khusus Badan Pengawas Pemilu (Bawasli) mengawasi pelaksanaan keputusan ini. Dan pada Rabu (31/7) malam, KPU menetapkan pasangan Khofifah-Herman untuk bisa mengikuti pilgub.

Saifullah menegaskan, keputusan DKPP harus dihormati karena memang mengikat. “Bagi pasangan Soekarwo-Saifullah (Karsa), tidak ada masalah dan sangat kami hormati,”  ujarnya.

Sebelumnya, seperti diketahui pasangan Khofifah-Herman akhirnya diputuskan oleh Keputusan sidang Dewan Keputusan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menerima sebagian aduan pengadu (Khofifah-Herman), berdasarkan penilaian atas fakta persidangan, dan setelah memeriksa keterangan pengadu dan jawaban teradu (Ketua dan anggota KPU Jatim).

“Memerintahkan kepada KPU RI untuk melakukan peninjauan kembali terhadap putusan KPU Jatim sesuai maksud, prinsip, etika dalam rangka pemenuhan halk konstitusional Khofifa-Herman,” ujar Jimly dalam amar putusannya, Rabu (31/7). (Dep/Pct)