Optimalkan Mudik, Awak Transportasi Pacitan Cek Kesehatan dan Kendaraan

Pacitanku.com, PACITAN—Jelang musim mudik Lebaran yang diperkirakan mulai terjadi awal Agustus ini, para awak transportasi melakukan berbagai macam tes kesehatan, Rabu (31/7) di terminal Pacitan, kelurahan Baleharjo, Pacitan.

Selain itu uji kelayakan juga dilakukan untuk memastikan kendaraan benar – benar siap dipakai untuk arus mudik tahun 2013 ini.

Tes kesehatan awak dan uji kelayakan kendaraan tersebut langsung dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika (Dishubkominfo) bersama Satuan Lalu Lintas Polres Pacitan.  Pemeriksaan dilakukan oleh petugas dari Selain kelengkapan kendaraan, petugas juga selakukan uji emisi.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Eko Budiono, dalam pemeriksaan kesehatan itu para pengemudi bus beserta kru dites tekanan darahnya. “Selanjutnya mereka juga diperiksa kondisi kesehatan telinga, hidung, maupun mata. Dan terakhir kru bus menjalani tes cepat kadar gula darah. Hasilnya, banyak diantara mereka yang kadarnya lebih tinggi dari angka ideal. Tetapi tidak berbahaya,” terang Eko, seperti dikutip dari situs Pemkab Pacitan.

Dari hasil tersebut, sebagian besar pengemudi dan awak angkutan armada mudik Lebaran di Kabupaten Pacitan, kondisinya kurang fit. Karena sebagian besar diketahui memiliki kecenderungan tekanan darah yang tinggi. “Meski demikian mereka masih dinyatakan layak untuk menjalankan kendaraan,” tandasnya.

Lebih lanjut Eko mengungkapkan bahwa apa yang dialami para pengemudi dan awak angkutan tersebut terjadi lantaran pola perilaku hidup yang kurang sehat. “Termasuk asupan makanan yang mereka konsumsi. Demikian pula tekanan psikologis selama bekerja,” pungkasnya. (Dep/Pct/Pemkab)

Sumber : Pemkab Pacitan

Bahaya bekerja Bus Dinas Kesehatan Kendaraan Konsumsi Pacitan Penumpang Supir terminal

Posting Terkait