Ini Dia Waktu Terbaik Untuk Berolahraga

oleh -300 views
jogging
jogging

Pacitanku.com –Olahraga bisa dilakukan kapan saja, pagi, siang, atau sore, tergantung pada kesibukan masing-masing orang. Tapi sebenarnya, ada waktu tertentu di mana dengan berolahraga, Anda bisa meningkatkan kesehatan secara optimal dan memaksimalkan pembakaran kalori.

Walaupun begitu,  ada beberapa waktu yang sebaiknya dihindari untuk berolahraga karena justru bisa mengakibatkan Anda sakit atau cedera. “Waktu terbaik olahraga tergantung dari setiap orang dan sejauh mana mereka rutin melakukannya,” kata ahli fisiologi olahraga dan juru bicara American Council on Exercise, Jessica matthews. Seperti dikutip dari WomansDay, Kamis (1/8), berikut waktu-waktu yang tepat bagi Anda untuk berolahraga:

Pagi hari, pukul 05.30-08.00

“Dengan berolahraga saat pagi, Anda bisa memulai hari dengan membakar banyak kalori melalui olahraga serta mendapatkan energi dan memperlancar metabolisme tubuh,” kata Jenn Burke, Fitness Manager di Crunch Gyms, Los Angeles. Burke menyarankan setelah bangun pagi, konsumsilah camilan kaya protein dan karbohidrat seimbang seperti smoothie yang dibuat dari buah beku dan yogurt.

Menjelang sore, pukul 15.30-17.30

Jika Anda ingin mencari suasana yang menyenangkan untuk berolahraga, jam 4 dan 5 sore menjadi pilihan waktu yang tepat, di mana saat itu suhu tubuh Anda berada pada tingkat tertinggi. Penelitian menunjukkan karena sore hari otot lebih fleksibel, kekuatan Anda sedang berada pada puncaknya, dan kalori Anda sedang berada pada tingkat yang rendah.

“Tapi bukan berarti Anda harus meninggalkan makan siang Anda, apalagi jika sebelumnya Anda bekerja,” tegas matthews. (Dep/Pct/det)