Entaskan Kemiskinan, Posdaya Kembangkan Budidaya Air Payau di Pacitan

oleh -391 views
Ilustrasi budidaya air payau
Ilustrasi budidaya air payau

Pacitanku.com, JAKARTA—Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) siap membantu mengentaskan permasalahan kemiskinan yang selama ini masih menjadi problematika pembangunan di Pacitan. Sebagai bentuk komitmen tersebut, Posdaya mengirimkan lima ton bibit rumput laut sebagai rintisan tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Tokoh Posdaya Nasional, Haryono Suyono. Menurut mantan menteri di era Soeharto ini, rumput laut tersebut adalah sumbangan pertama untuk ditanam dalam rangka tujuan pengentasan kemiskinan di Pacitan.

“Bekerja sama dengan Yayasan Damandiri dan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Universitas Panca Sakti Jakarta, hari ini lima ton bibit rumput laut diberangkatkan ke Pacitan merupakan sumbangan pertama untuk ditanam dalam rangka pengentasan kemiskinan melalui Posdaya untuk pantai berair payau di sekitar pantai Pacitan,” tulis Haryono Suyono dalam akun jejaring sosial facebooknya, Rabu (31/7) di Jakarta.

Menurut perintis BKKBN ini, rumput laut tersebut akan diikuti dengan beberapa pupulasi lainnya. “Akan diikuti pengembangan ikan bandeng, kepiting dan lainnya yang biasa hidup di air payau melalui Posdaya dan pantai pantai dalam sistem ekonomi biru. Insya Allah,” tandas Ketua Yayasan Damandiri tersebut.

Rencananya, hari ini, Kamis (1/8) rumput laut tersebut akan ditanam oleh Bupati Pacitan, Indartato beserta jajaran terkait di kawasan pesisir Pacitan. (Dep/Pct)