Dishub-Lanal Koordinasi Pembangunan Pelabuhan Gelon dan KEK di Pacitan

oleh -743 Dilihat
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pacitan menerima kunjungan dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Pacitan. (Foto: Dok Dishub for Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pacitan menerima kunjungan dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Pacitan.

Pimpinan dari Lanal Pacitan, yakni Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Pacitan Mayor Laut (P) Dainuri Syamsuddin mengunjungi kantor Dishub Pacitan pada Rabu (22/5/2024).

Kepala Dishub Pacitan Djoko Putro Utomo mengungkapkan sejumlah pembahasan disampaikan dalam pertemuannya dengan Danlanal.

“Pada kunjungan kerja ini, dibahas sinergitas program sektor perhubungan laut dan rencana pelabuhan Gelon Pacitan,”kata Djoko.

Sebelum pertemuan dengan Danlanal, Djoko menyampaikan Dishub Pacitan dan Ketua DPRD juga telah berkoordinasi terkait rencana pembangunan pelabuhan Gelon di Dirjen Perhubungan Darat, Perhubungan Laut dan Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI di Jakarta beberapa hari sebelumnya.

Sebagai informasi, nilai investasi dari proyek Pembangunan dermaga dan fasilitas Pelabuhan Gelon Pacitan tersebut bernilai Rp 50 miliar yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

Selain pembahasan tentang pembangunan pelabuhan Gelon, mantan Camat Tegalombo ini mengungkapkan pembahasan lainnya dengan Danlanal adalah kawasan ekonomi khusus (KEK) di Pacitan menjadi potensi ekonomi terpadu.

“Ada KEK yang menjadi satu kesatuan, pola kerjasama pelabuhan Tamperan Pemprov Jatim, kawasan wisata Mentari Hill dan kawasan wisata Pantai Teleng Ria menjadi area potensi ekonomi yang terpadu dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya.