Ini Tanggapan Gagarin Soal Wacana Dirinya Maju Pilbup Pacitan

oleh -942 Dilihat
Wakil Bupati Pacitan Gagarin. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Wacana Ketua Umum Partai Golkar Pacitan Gagarin yang hendak maju menjadi calon bupati pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan pada tahun 2024 semakin kencang.

Sejumlah pihak memprediksi Gagarin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Pacitan akan menjadi penantang serius bagi Partai Demokrat dalam Pilbup Pacitan 27 November 2024 mendatang.

Gagarin sendiri belum menyebut secara gamblang apakah dirinya akan maju menjadi calon bupati, atau kembali mendampingi Indrata Nur Bayuaji menjadi calon wakil Bupati.

Hanya saja, mantan Wakil Ketua DPRD Pacitan ini menyebut pada saatnya nanti akan deklarasi secara resmi.

“Terkait Pilkada Pacitan, pada saatnya nanti saya akan deklar (deklarasi, red) secara resmi,”katanya saat dihubungi Pacitanku.com pada Rabu (15/5/2024) di Pacitan.

Sebagai informasi, dari semua parpol pemilik kursi DPRD, hanya Partai Demokrat yang memenuhi syarat mengusung pasangan calon sendiri. Sementara, 8 parpol lainnya, termasuk partai Golkar harus berkoalisi dengan parpol lainnya.

Sebab, berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota perlu memiliki 20 persen jumlah kursi DPRD untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah.

Di Kabupaten Pacitan, dengan total kursi DPRD sebanyak 45, maka memerlukan minimal 9 kursi sebagai ambang batas minimal pencalonan Bupati dan Wakil Bupati.

Dari 9 Parpol pemilik kursi DPRD Pacitan tahun 2024, hanya Partai Demokrat yang bisa mencalonkan kepala daerah secara mandiri.

Sementara 8 parpol lainnya harus berkoalisi untuk memajukan calon kepala daerah pada 27 November 2024 mendatang, yakni Partai Golkar (7 kursi), PDIP (6 kursi), PKB (5 kursi), Nasdem (2 kursi) PPP (2 kursi), PKS (2 kursi), Hanura (2 kursi) dan Gerindra (1 kursi).

Dari 8 parpol diluar Partai Demokrat, baru 3 Parpol yang sudah menentukan sikap politiknya, yakni PPP, Hanura dan Gerindra.

Tiga Parpol dengan total 5 kursi DPRD itu resmi mengusung bakal calon dari Partai Demokrat, yakni Rakhman Wijayanto sebagai Bacawabup Pacitan pada Pilbup 2024 mendatang.

Sedangkan Golkar, PDIP, PKB, Nasdem dan PKS belum menentukan sikap politiknya dalam Pilbup Pacitan. (DP)

No More Posts Available.

No more pages to load.