Hasil Sirekap KPU DPRD Provinsi Dapil Jatim IX: Kakak Bupati Pacitan Raih Suara Tertinggi, Demokrat Diprediksi Jadi Pemenang

oleh -1672 Dilihat
Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Indra Widya Agustina. (Foto: Dok. IWA)

Pacitanku.com, PACITAN – Kakak kandung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Indra Widya Agustina (IWA) diprediksi berhasil meraih suara tertinggi dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) untuk kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur dari daerah pemilihan (dapil) Jatim IX.

Pria yang merupakan Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini sendiri maju menjadi calon anggota legislatif (caleg) di dapil IX Jatim yang terdiri dari Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Ngawi dan Magetan.

Prediksi tersebut berdasarkan data yang dikutip Pacitanku.com dari penghitungan cepat (real count) Sirekap Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Kamis (22/2/2024).

Namun sebagai catatan, hasil ini belum merupakan hasil resmi. Hasil resmi caleg yang akan duduk di kursi DPRD Jatim masih menunggu keputusan KPU Jawa Timur.

Adapun data masuk 9.494 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 11.840 TPS di dapil IX atau setara 80.19% suara, IWA sukses meraup 106.661 suara. Dimana angka tersebut adalah suara tertinggi dibanding caleg lainnya di dapil IX.

Baca juga: Ini Daftar Nama Caleg yang Diprediksi Duduk di Kursi DPRD Pacitan Periode 2024-2029

Sehingga, IWA yang berada di nomor urut 1 diprediksi akan lolos ke gedung parlemen di Kota Surabaya sebagai salah satu wakil rakyat dari dapil IX Jatim.

Dalam data tersebut, Partai Demokrat juga diprediksi menjadi partai pemenang di dapil IX Jatim dengan perolehan 289.390 suara.

Di dapil IX, Partai Demokrat menang di Pacitan dan Ponorogo. Di Pacitan partai yang didirikan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini meraih 52,82% suara dan Ponorogo dengan perolehan 17,21% suara.

Sementara PDI Perjuangan juga sukses menang di dua daerah di dapil IX, yakni di Ngawi dan Magetan. Di Ngawi, PDIP menang dengan perolehan 31,78% suara dan Magetan dengan perolehan 16,87% suara.

Selain dua parpol itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga sukses meraih kemenangan di Trenggalek dengan perolehan 33,83% suara.

Selain itu, Partai Demokrat bersama 7 parpol lainnya diprediksi akan mengirimkan wakilnya duduk di kursi DPRD Jatim periode tahun 2024-2029.

Secara berurutan, posisi suara partai di Jatim setelah Demokrat adalah urutan kedua yakni PDIP (270.607 suara), PKB (211.809 suara), Partai Gerindra (183.929), Partai Golkar (126.452), Partai Keadilan Sejahtera/PKS (96.401), partai Nasdem (93.235) dan Partai Amanat Nasional/PAN (63.845).

Dari jumlah dan urutan tersebut, berdasarkan metode saint league, Partai Demokrat, PDIP, PKB dan Gerindra berpotensi menempatkan 2 wakilnya di DPRD Jatim.

Sementara sisa 4 kursi lainnya dibagi sama rata masing-masing 1, antara Golkar, PKS, Nasdem dan Partai Amanat Nasional (PAN).

No More Posts Available.

No more pages to load.