Saat Seorang Lansia Sempat Kaget Saat Coblosan di Pacitan: Kertas Suaranya Kok Banyak Banget?

oleh -22 Dilihat
GUNAKAN HAK PILIH. Warga Pacitan saat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024. (Foto: Imam Muanas)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Banyak cerita unik dan menarik dari pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024. Salah satunya seperti di TPS 005, Dusun Gebang, Desa Gedangan Kecamatan Tegalombo.

Salah seorang lansia, Paetun mengaku sempat kesulitan menggunakan hak suaranya lantaran banyaknya kertas suara yang harus dicoblos. Kertas suara yang dimaksud adalah Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota.

“Saya kaget waktu dikasih 5 surat suara, lah kok banyak banget?,” kata Paetun salah satu warga lansia yang datang, Rabu (14/2/2023).

Dia pun kemudian meminta tolong kepada anaknya mendampinginya untuk melakukan tahapan mencoblos.

“Saya bingung cari calon yang mau saya coblos, namanya juga orang tua. Terus saya minta anak saya untuk mendampingi,”imbuh dia.

Tak hanya Paetun, sejumlah warga juga merasa kesulitan untuk menemukan calon pilihan mereka karena banyaknya calon yang terpapar didalam surat suara utamanya DPR-RI hingga DPRD-Kabupaten.

Dengan melihat situasi yang seperti itu, akhirnya pihak KPPS menyarankan untuk para lansia yang dirasa akan kesulitan dalam teknis pencoblosan untuk membawa pendamping, dengan catatan pendamping harus dari pihak keluarga pencoblos dan mengisi formulir pendampingan yang sudah disediakan oleh KPPS.

Di TPS 005 tersebut, paslon 02 Prabowo-Gibran meraih suara tertinggi dengan perolehan 121, paslon 03 Ganjar-Mahfud MD mendapatkan 33 suara, dan paslon 01 Anies-Muhaimin meraih 20 suara.

No More Posts Available.

No more pages to load.