Dua Hari Pencarian, Nelayan di Pacitan yang Hilang Ditemukan Meninggal Dunia

oleh -1752 Dilihat
DITEMUKAN. Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi jasad nelayan di Pacitan yang sempat hilang pada Selasa (16/1/2024). (Foto: Dok. Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah dilakukan upaya pencarian selama sekitar 2 hari, seorang nelayan yang sempat hilang diduga terjatuh ke laut di perairan Pacitan akhirnya ditemukan.

Nelayan yang diketahui bernama Subandi (41) warga lingkungan Teleng, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan itu ditemukan pada Selasa (16/1/2024) pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

Subandi ditemukan oleh nelayan setempat dalam keadaan meninggal dunia dengan lokasi tidak jauh dari tempat kejadian.

Kasat Kepolisian Air dan Udara (Polairud) BKO Polres Pacitan Aiptu Endro Wibowo dalam keterangannya kepada awak media mengungkapkan setelah melihat ada jasad Subandi mengapung nelayan melaporkan kepada Polairud Pacitan.

Saat ditemukan nelayan, jasad Subandi masih mengenakan pakaian lengkap berupa kaos panjang berwarna abu-abu serta bercelana training.

Baca juga: Seorang Nelayan Pacitan Diduga Terjatuh ke Laut Saat Mencari Ikan, Proses Pencarian Dilakukan

Adapun tim yang melakukan evakuasi terdiri dari warga, Tim Basarnas Pos SAR Trenggalek, Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan, TNI-AL, Polairud BKO Polres Pacitan, Polsek Pacitan, Koramil 0801/1/Pacitan, Satpol PP Pacitan, SAR MTA, Lifeguard Disparbudpora PAcitan, RAPI, serta KRI Baturetno dan Hgromo.

Aiptu Endro mengatakan tim gabungan bergerak dan berhasil mengevakuasi korban yang kemudian dibawa ke kamar jenazah RSUD dr Darsono Pacitan pada pukul 08.00 WIB.

Usai berhasil mengevakuasi korban, Operasi SAR (Opsar) pun resmi ditutup pada Selasa (16/1/2024) pukul 09.00 WIB.

“Korban diketahui oleh nelayan setengah mengapung di pantai berjarak 50 meter dari tempat kejadian, kondisi korban masih utuh, hanya ada beberapa bekas luka diduga akibat benturan karang,”kata Aiptu Endro.

Usai dilaksanakan visum, jasad Subandi kemudian diserahkan kepada pihak keluarga untuk dilakukan pemakaman.

Sebelumnya diberitakan di Pacitanku.com, seorang nelayan bernama Subandi (42) warga lingkungan Teleng, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan diduga terjatuh ke laut saat mencari ikan menggunakan jaring pada Senin (15/1/2024) pagi WIB.

Menurut informasi yang dihimpun dari keluarga korban, Harjiyanto, Subandi melaut seorang diri pada Minggu malam kemarin. Sementara pihaknya mendengar kabar bahwa Subandi hilang pada Senin sekira pukul 03.00 WIB.

Setelah mendapatkan laporan, Harjiyanto mendatangi lokasi dan segera melaporkan kejadian tersebut kepada BPBD Pacitan agar segera dilakukan pencarian.

Kapolsek Pacitan AKP Sugeng Rusli Muslan menduga korban hilang akibat perahu yang ditumpangi tersapu gelombang saat memasang jaring yang menyebabkan korban terpental dan terjatuh ke laut.

”Dugaan sementara korban ini tidak bisa berenang dan perahunya tersapu gelombang yang menyebabkan korban terjatuh saat menebar jarring,”kata Kapolsek.

Pencarian yang dilakukan oleh tim SAR gabungan bersama dengan masyarakat terhadap Subandi mulai dari menyisir disekitar kawasan pantai hingga melalui jalur laut.

No More Posts Available.

No more pages to load.