Hari Disabilitas Internasional, Bupati Beli Dua Lukisan Karya Anak Difabel Pacitan

oleh -934 Dilihat
Puluhan anak difabel dari Sekolah Luar Biasa (SLB) baik negeri maupun swasta se Kabupaten Pacitan, Senin (4/12/2023) unjuk gelar di Pendopo Kabupaten. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun 2023, puluhan anak difabel dari Sekolah Luar Biasa (SLB) baik negeri maupun swasta se-Kabupaten Pacitan, Senin (4/12/2023) unjuk gelar di Pendopo Kabupaten.

Acara yang dihadiri Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji tersebut menampilkan berbagai seni dan kreasi serta pameran hasil karya dari anak-anak difabel.

Melihat langsung hasil karya anak-anak tersebut Mas Aji terlihat kagum. Bahkan, orang nomor satu di Pacitan itu tertarik dan membeli dua lukisan sekaligus.

Selanjutnya, didampingi wakil bupati, forkopimda serta anak-anak difabel Bupati melepaskan burung merpati putih.

“Selamat Hari Disabilitas Internasional tahun 2023 mudah-mudahan menjadikan semangat kita bersama-sama memajukan Pacitan,”katanya, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Menurut Mas Aji anak-anak disabilitas memiliki hak, mimpi serta cita-cita yang sama. Dengan pengasuhan yang tepat kedepan mereka juga memiliki potensi dan andil yang sama memajukan Pacitan.

“Koordinasi, kolaborasi dengan pemerintah provinsi, pemerintah pusat dan jajaran vertikal saya harapkan terus terjalin untuk perhatian kita terhadap anak-anak kita ini,”imbuhnya.

Sementara, menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Pacitan Indiyah Nurhayati, Peringatan Hari Disabilitas Internasional bertujuan untuk memajukan hak dan kesejahteraan anak-anak disabilitas.

Indiyah mengatakan, tidak ada diskriminasi karena mereka memiliki hak dan masa depan yang sama.

“Disabilitas adalah bagian dari kita mari kita siapkan masa depannya agar mereka bisa mandiri dalam keluarga dan nasyarakat,” katanya.

Guna memberikan pendidikan yang layak bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Pacitan sudah tersedia 4 SLB baik negeri maupun swsta. Sedangkan 1 lembaga SLB masih berstatus rintisan.

Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2023 diperingati pada 3 Desember 2023. Peringatan ini sebagai langkah kepedulian terhadap para penyandang disabilitas di dunia.

Mereka adalah individu dengan hak sama seperti manusia lainnya dan tidak untuk didiskriminasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.