Mantap, Sekolah Alam Pacitan Raih Prestasi Internasional First Prize Winner Southeast Asian Waste Hero Awards

oleh -3026 Dilihat
Sekolah Alam Pacitan berhasil meraih First Prize Winner Southeast Asian Waste Hero Awards (Kindergarten dan Primary Schools Category). (Foto: Dok. Sekolah Alam Pacitan untuk Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITANSekolah Alam Pacitan kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Ajang penghargaan ini diselenggarakan oleh SEAMEO Regional Centre for Sufficiency Economy Philosophy for Sustainability (SEAMEO SEPS) dan Sekolah Alam Pacitan berhasil meraih First Prize Winner Southeast Asian Waste Hero Awards (Kindergarten dan Primary Schools Category).

Penghargaan ini diberikan kepada guru dan sekolah yang memiliki inovasi di bidang pengelolaan sampah dengan total mencapai 900 peserta dari seluruh kategori dan jenjang yang berasal dari negara-negara di Asia Tenggara.

Program yang diusung Sekolah Alam Pacitan dengan judul “The Waste Project” berhasil menempati peringkat, pertama disusul Dadap Elementary School, Philippines di peringkat 2 dan SJK (C) Foon Yew 2, Malaysia yang menempati peringkat ketiga.

Kepala Sekolah Alam Pacitan Bangun Naruttama mendapat kesempatan untuk menghadiri SEAMEO High Official Meeting yang dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang.

Sekolah Alam Pacitan berhasil meraih First Prize Winner Southeast Asian Waste Hero Awards (Kindergarten dan Primary Schools Category). (Foto: Dok. Sekolah Alam Pacitan untuk Pacitanku)

Dalam keterangan tertulisnya, Bangun mengatakan forum ini merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh Sekretariat SEAMEO, yang delegasinya adalah pejabat tinggi atau perwakilan dari Kementerian Pendidikan Negara Anggota SEAMEO, Direktur Sekretariat SEAMEO dan Pusat/Jaringan Regional, serta staf senior mereka.

“Karena Sekretariat SEAMEO berlokasi di Bangkok, Thailand, maka setiap tahun forum ini diselenggarakan di Bangkok, dan ini merupakan ketiga kalinya Sekolah Alam Pacitan mendapat undangan di forum tersebut setelah sebelumnya mendapat penghargaan Special Prize Winner dalam ajang SEAMEO-Japan ESD Award di tahun 2017 dan 2022,”jelasnya, Kamis (30/11/2023) di Pacitan.

Lebih lanjut, Bangun mengatakan prestasi ini dipersembahkan untuk Pacitan dan Indonesia. Dia berharap pendidikan di Pacitan menjadi semakin maju dan masyarakat Pacitan semakin peduli terhadap lingkungan.

“Sekolah Alam Pacitan berkomitmen untuk terus menjadi sekolah yang peduli terhada pelestarian lingkungan dan akan selalu menciptakan terobosan baru demi kemajuan pendidikan di Pacitan khususnya dan Indonesia,”pungkasnya.

Sementara, salah satu wali murid Sekolah Alam Pacitan, Erlangga mengapresiasi raihan prestasi membanggakan ini.

“Prestasi  ini sungguh luar biasa dan patut diapresiasi semoga prestasi membanggakan ini menjadi inspirasi bagi generasi penerus, anak anak kami untuk peduli terhadap lingkungan dan terus berinovasi dalam menjaga kelestarian bumi,”ujar dia.

Erlangga mengucapkan selamat untuk seluruh siswa sekolah alam dan teacher  yang telah berkontribusi dalam menjadikan sekolah ini sebagai teladan dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Semoga keberhasilan ini menjadi tonggak awal untuk lebih banyak prestasi gemilang yang lainnya di masa yang akan datang. Dengan upaya yang telah dilakukan dan kolaborasi yang baik antara siswa, pengajar, dan masyarakat. Sekolah ini telah menjadi contoh nyata bagaimana pendidikan dapat menjadi pendorong perubahan positif dalam menjaga lingkungan,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.