Pemkab Segera Minta Nomor Registrasi BPBD Pacitan Tipe A

oleh -33544 Dilihat
Sekda Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra memastikan segera melakukan langkah tindak lanjut usai penetapan kenaikan kelas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menjadi tipe A.

“Setelah ditetapkan (kenaikan tipe BPBD, red) tentunya akan segera dimintakan nomer registrasi perda di Provinsi, agar nantinya semua dapat bekerja dan terkait pengisian kepala BPBD segera akan diisi,”kata Heru saat dikonfirmasi awak media usai rapat peripurna di DPRD Pacitan, Jumat (20/10/2023) di Pacitan.

Baca juga: BPBD Pacitan Naik Kelas Jadi Organisasi Perangkat Daerah Tipe A

Sebelum ditetapkan menjadi BPBD tipe A, proses kenaikan ini sudah dibahas sejak beberapa bulan lalu. Proses kenaikan ini agar BPBD memiliki wewenang lebih luas dalam penanganan kebencanaan. Sehingga, kelasnya dinaikkan dari tipe B menjadi tipe A.

Sebelumnya, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono menjelaskan salah satu Perda yang ditetapkan yakni naiknya status tipe BPBD Pacitan menjadi tipe A.

“Naiknya BPBD Pacitan menjadi tipe A ini kami harapkan koordinasi dengan pusat dan provinsi lebih lancar,”kata Ronny, saat dikonfirmasi awak media usai rapat pembahasan Raperda menjadi Perda.

Lebih lanjut, Ronny mengungkapkan kenaikan status BPBD Pacitan menjadi tipe A ini ini merupakan bentuk tindak lanjut saran BNPB berkaitan penataan Organisasi kerja BPBD Pacitan.

“Hal ini kami dapatkan saran dari BNPB agar BPBD Pacitan naik kelas, dan ini ternyata berpengaruh karena jika kelas B itu eselon 3 nantinya akan menjadi eselon 2,”papar legislator Partai Demokrat tersebut.

Sebagai informasi, saat ini jabatan kepala pelaksana (kalaksa) BPBD setempat ditempati pejabat eselon III. Padahal, penanganan bencana butuh percepatan dan koordinasi lintas-sektor. Sehingga, diperlukan pejabat setara eselon II supaya lebih patut dalam berkoordinasi.

No More Posts Available.

No more pages to load.