Semarak HUT ke-78 TNI, Kodim 0801/Pacitan Gelar Pentas Wayang Kulit dengan Lakon Bimo Krido

oleh -4 Dilihat
Kodim 0801/Pacitan menggelar pentas wayang kulit dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITANKomando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan menggelar pentas wayang kulit dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kegiatan pentas budaya dengan lakon Bimo Krido yang dibawakan dalang Ki Supinardi Utomo dari Desa Candi, Kecamatan Pringkuku itu digelar pada Jumat (6/10/2023) malam di alun-alun Pacitan.

Baca juga: HUT ke-78 TNI, Kapolres Pacitan Beri Kado Nasi Tumpeng untuk Dandim 0801/Pacitan

Turut hadir dalam pentas budaya tersebut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan Forkopimda setempat beserta ratusan masyarakat Pacitan. Kegiatan ini juga disiarkan langsung melalui kanal Youtube Pemkab Pacitan.

Komandan Kodim (Dandim) 0801/Pacitan Letkol Inf. Roliyanto pementasan wayang kulit ini merupakan rangkaian penutup kegiatan HUT ke-78 TNI.

“Rangkaian HUT TNI ditutup dengan wayang kulit, setelah sebelumnya kita gelar parade deville, upacara dalam rangka HUT ke-78 TNI, kami atas nama komando dan staf, kami hadir, semoga apa yang kami laksanakan ini dapat mengawal Pembangunan daerah,”kata Dandim.

Selain untuk menghibur masyarakat, kegiatan pagelaran wayang kulit ini juga sebagai upaya menjaga dan memelihara budaya asli Indonesia.

“Khususnya wayang kulit agar terus Lestari yang dibanggakan dari seluruh dunia, bahkan negara lain juga berlatih memainkan wayang kulit,”katanya.

Di sisi lain, Dandim 0801/Pacitan mengatakan Masyarakat Indonesia juga berharap agar anak-anak bisa terus mencintai seni budaya bangsa, salah satunya wayang kulit.

“Kita juga mempunyai beban moril, agar adik-adik kita supaya mencintai seni budaya agar tetap lestari,”pungkasnya.