Inovasi Sukses Kelurahan Ploso Kelola Sampah untuk Pajak Kini Jadi Rujukan Stuba dan Replikasi

oleh -8 Dilihat
Inovasi yang sukses di lakukan kelurahan Ploso, Pacitan mulai di adopsi dan replikasi kelurahan lainnya. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Inovasi yang sukses di lakukan kelurahan Ploso, Pacitan mulai diadopsi dan replikasi kelurahan lainnya. Perlakuan sampah yang tepat ternyata dapat menjadikan devisa bagi masyarakat Ploso untuk membayar pajak.

Lurah Ploso, Aswin Rikha Wijaya pun terus berbenah dengan membagikan kemajuan hal pengelolaan sampah pada kelurahan Ploso. Melalui program Replikasi beberapa kelurahan dan lembaga melakukan studi banding di Kelurahan Ploso.

“Alhamdulillah kelurahan Ploso kini menjadi rujukan pengolahan sampah berbasis masyarakat untuk membayar Pajak PBB-P2 melalui Bajak Pasahnya,”katanya, Rabu (27/9/2023) di Pacitan.

Lebih lanjut, Aswin menerangkan, jika sampai saat ini sudah 800 kk  lebih yang ikut serta dalam program tersebut. “Sejak diluncurkan awal tahun 2023, sudah 800 kk lebih masyarakat Ploso mengikuti program BAJAK PASAH,”ujar dia.

Baca juga: Keren, Inovasi Pengelolaan Sampah Kelurahan Ploso Pacitan Diganjar Penghargaan Gubernur

Aswin juga bercerita jika kini program tersebut telah di replikasi oleh beberapa kelurahan, desa, dan lembaga.

“Hari ini ada 4 kelurahan yang menggelar Studi Banding dan Replikasi di Ploso berkaitan BAJAK PASAH, diantaranya kelurahan Pacitan, kelurahan Sidoharjo, kelurahan Baleharjo, dan kelurahan Pucangsewu,”kata Aswin.

Pria yang juga mantan kabid kedaruratan BPBD Pacitan ini menjelaskan jika ini perwujudan visi misi bupati Pacitan,

Aswin juga berharap hasil replikasi tersebut, dapat segera di aplikasikan di keempat kelurahan agar masyarakat dapat merasakan manfaat program BAJAK PASAH.  “Tentu kami berharap dapat segera di aplikasikan di empat kelurahan,”pungkasnya.

Sebagai informasi, kelurahan Ploso menorehkan beberapa prestasi melalui program BAJAK PASAH, Juara Anugrah Patriot Jawi Wetan yang diserahkan beberapa waktu lalu.