Pemkab Pacitan Gelar Sarasehan Sosialisasi Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Kyai Hamid Dimyathi

oleh -2 Dilihat
TP2GD menggelar kegiatan sarasehan sosialisasi pengusulan gelar pahlawan nasional KH Hamid Dimyathi pada Kamis (10/8/2023) di Gedung DPRD Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) menggelar legiatan sarasehan sosialisasi pengusulan gelar pahlawan nasional KH Hamid Dimyathi pada Kamis (10/8/2023) di Gedung DPRD Pacitan.

Baca juga: Napak Tilas Jejak Perjuangan Kiai Hamid Dimyathi, Mujahid dari Bani Abdul Manan Attarmasie Pacitan

Agenda ini merupakan tahapan pengusulan gelar pahlawan setelah sebelumnya telah digelar seminar pada Kamis (22/12/2022) lalu.

“Dalam sarasehan ini kita membutuhkan beberapa masukan-masukan untuk menyempurnakan usulan yang sudah kita siapkan, masukan tersebut nanti akan kita kaji dengan tim, kemudian juga termasuk buku yang masih beberapa tadi ada kekurangan, kekeliruan akan kita sempurnahkan,”kata ketua TP2GD Pacitan Sumorohadi, saat dikonfirmasi Pacitanku.com usai sarasehan.

Untuk masukan serta revisi dari hasil sarasehan tersebut, kata Sumorohadi, diupayakan maksimal bulan Agustus ini bisa diselesaikan dan segera dikirimkan ke tingkat Provinsi sebelum sidang di Kota Surabaya.

Kegiatan sarasehan ini, kata Sumorohadi, merupakan kegiatan akhir di tingkat kabupaten yang menjadi pamungkas dari tahapan sebelumnya, diantaranya adalah penggalian informasi, penyusunan Riwayat hidup dan juga seminar serta sarasehan.

Baca juga: Gelar Seminar, Pemkab Pacitan Terus Perjuangkan Pengusulan Gelar Pahlawan KH Hamid Dimyathi

Sementara, Ketua Tim Kerja TP2GD Pacitan Subiyanto mengatakan dalam kegiatan sarasehan tersebut pihaknya mengundang sebanyak 50 peserta, yang terdiri dari komunitas Pendidikan seperti keluarga madrasah, SMA dan SMK, akademisi dari kampus hingga pimpinan Pondok Pesantren se-Kecamatan Pacitan.

“Kegiatan sarasehan ini bagian dari tahapan sosialisasi kepada Masyarakat, alhamdulillah dengan ini tahapan sudah selesai dari total tiga syarat pengusulan, yakni proses seminar, penyusunan Riwayat hidup, nama jalan dari tokoh yang diusulkan juga penerbitan buku tentang KH Hamid Dimyathi,”paparnya.

Turut hadir dalam kegiatan sarasehan tersebut adalah Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Kepala Dinas Pendidikan Budiyanto, Kepala Dinas Perhubungan dan sejumlah tokoh dari Pondok Pesantren di Pacitan.

Video: Napak Tilas Jejak Perjuangan Kiai Hamid Dimyathi, Mujahid dari Bani Abdul Manan Attarmasie Pacitan