Ribuan Petani dan Buruh Pabrik Rokok di Pacitan Terima BLT DBHCT, Per Orang Dapat Rp600 Ribu

oleh -18 Dilihat
Ribuan buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Pacitan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Ribuan buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Pacitan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT).

BLT DBHCT diserahkan simbolis oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji kepada buruh pabrik rokok di PT Tunas Mandiri, Kelurahan Sidoharjo, Senin (31//2023).

“Mudah-mudahan dengan bantuan langsung tunai ini dapat menambah peghasilan. Pesan saya tolong dimanfaatkan dengan bijak,” kata Mas Aji, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Bantuan langsung tunai untuk buruh tani tembakau dan atau buruh pabrik rokok ini bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau Kabupaten Pacitan tahun anggaran 2023.

Adapun total buruh tani tembakau calon penerima BLT DBHCT sejumlah 1.470 orang sedangkan total buruh pabrik rokok sejumlah 2.242. Sehingga total penerima BLT DBHCT sebanyak 3.712.

“Melalui kegiatan ini diharapkan kesejahteraan masyarakat Pacitan khususnya untuk para buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok meningkat,”kata Kepala Dinas Sosial Sumorohadi.

Selain di pabrik rokok Tunas Mandiri, penyaluran BLT DBHCT juga dilaksanakn di PPIS, pabrik rokok Mulia Agung dan di kecamatan yang ada pertanian tembakaunya.

Untuk masing-masing penerima mendapatkan 600 ribu untuk 2 bulan penerimaan.