Suka Duka Duta Genre Pacitan Alfan Saifut Aminullah Sosialisasikan Pencegahan Pernikahan Dini di Masyarakat

oleh -16 Dilihat
Alfan Saifut Aminullah, mahasiswa Program studi PGSD STKIP PGRI Pacitan yang mewakili Pacitan dalam ajang pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre). (Foto: Irma Sintia)

Pacitanku.com, PACITAN – Tinggal di kota kecil, seperti Pacitan rupanya tidak menyurutkan semangat, kemampuan, prestasi dan juga kepedulian sosial bagi seorang Alfan Saifut Aminullah.

Mahasiswa Program studi PGSD STKIP PGRI Pacitan yang mewakili Pacitan dalam ajang pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) tangkat Provinsi ini  terus memberikan edukasi kepada masyarakat, salah satunya terkait pencegahan pernikahan dini.

Mahasiswa yang akrab disapa Alfan ini merupakan Mahasiswa yang berasal dari Desa Karangmulyo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan.

Ia sukses terpilih menjadi salah satu finalis dalam ajang pemilihan Duta Genre tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 ini.

Alfan Bersama 68 peserta yang berasal dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Timur lain mengikuti ajang Duta Genre Jatim, setelah sebelumnya berhasil menjadi juara 2 pada pemilihan Duta Genre Kabupaten pada tahun 2022 lalu.

“Awalnya saya ditunjuk desa untuk pemilihan Duta Genre di tingkat kabupaten dan sering bersosialisai dengan masyarakat sehingga menemukan banyak sekali permasalahan yang cukup kompleks seperti tingginya penikahan dini,”kata Alfan, saat ditemui tim Pacitanku, baru-baru ini.

Alfan berharap sekaligus memiliki keinginan agar masalah tingginya penikahan dini di Pacitan dapat berkurang.

Sejak terpilih menjadi Duta Genre Kabupaten Alfan sering melakukan sosialisasi secara aktif baik melalui kolaborasi dengan sekolah atau memanfaatkan media sosial. Hingga akhirnya ditunjuk untuk mewkili kabupaten dalam pemilihan Duta Genre tingkat Provinsi.

“Dalam melakukan sosialisasi banyak sarana yang saya tempuh mulai dari memanfaatkan media sosial hingga berkolaborasi dengan lembaga seperti pemerintah Desa dan sekolah,”jelasnya.

Alfan juga menambakan ketika menjadi Duta Genre, banyak suka dan duka yang dialami ketika terjun di lingkungan masyarakat.

“Sukanya karena mendapat relasi dan pengalaman baru dan bisa memberikan kebermanfaatan bagi sekitar, sementara kalau dukanya lebih kepada susahnya merubah beberapa sterotype masyarakat yang masih menormalisasikan pernikahan di usia dini,”paparnya.

Sealin itu Alfan juga menyampaikan harapan kepada remaja khususnya di Kabupaten Pacitan untuk menjauhi berisiko bagi remaja.

“Besar Harapan saya agar remaja khususnya di Kabupaten Pacitan untuk menjauhi berbagai perilaku beresiko bagi remaja selaras dengan yang tertuang dalam triad KRR,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.