Rumah BUMN Bagikan 500 Sertifikat Halal dan Pelatihan Packaging untuk UMKM Binaan di Pacitan

oleh -0 Dilihat
SERTIFIKASI HALAL UMKM. Rumah BUMN Pacitan yang merupakan binaan PT PLN (Persero) memfasilitasi pembagian sebanyak 500 sertifikat halal kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi binaannya di Pacitan pada Rabu (26/7/2023) di Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITANRumah BUMN Pacitan yang merupakan binaan PT PLN (Persero) memfasilitasi pembagian sebanyak 500 sertifikat halal kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi binaannya di Pacitan pada Rabu (26/7/2023) di Pacitan.

Kegiatan itu diikuti ratusan UMKM di Pacitan dari berbagai varian produk lokal, utamanya di bidang kuliner.

“Kami menyerahkan sertifikat halal kepada 500 UMKM di Pacitan, yang terdiri dari UMKM di Kecamatan Tegalombo, Nawangan, Bandar, kemudian paguyuban pedagang Teleng Ria, paguyuban UMKM Pantai Ngiroboyo dan juga dari Kecamatan Punung, jadi memang rumah BUMN Pacitan membina seluruh UMKM di Pacitan,”kata Ketua Rumah BUMN Pacitan Rinawati saat dikonfirmasi Pacitanku.com usai acara.

Usai pembagian sertifikat, para pelaku UMKM di Pacitan juga dilatih membuat packaging atau kemasan produk mereka.

Kegiatan packaging atau kemasan itu diharapkan bisa menambah nilai lebih terutama bagi produk-produknya.

Dalam pelatihan packaging itu diberikan penjelasan tentang pentingnya kemasan untuk meningkatkan nilai tambah produk dan dapat diterapkan langsung untuk bisnisnya.

“Jadi selain pemberian sertifikat halal kepada 500 UMKM di Pacitan, juga kita lakukan pelatihan packaging agar produk UMKM bernilai jual tinggi, dengan narasumber yang telah kami pilih agar UMKM bisa memiliki produk yang bernilai jual tinggi, bisa maju dan perekonomian masyarakat meningkat,”kata Rina.

Lebih lanjut, Rina mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Rumah BUMN Pacitan untuk memfasilitasi UMKM semakin berkembang.

Tak berhenti sampai disini, Rina mengatakan Rumah BUMN Pacitan juga menargetkan sebanyak 1000 UMKM di Pacitan bisa memiliki sertifikat halal agar usaha yang dijalai semakin berkembang.

“Target kami 1000 sertifikat halal untuk UMKM hingga akhir tahun, dan saat ini alhamdulillah sudah mencapai 50 persen,”tukasnya.

Rina manmbahkan, masih ada ratusan kuota sertifikat halal untuk Kabupaten Pacitan, sehingga ia mengajak teman teman UMKM lain untuk bisa memanfaatkan peluang tersebut. Sehingga konsumen lebih yakin karena produk sudah terverifikasi halal.

“Mari kita bersama-sama menerbitkan sertifikat halal ini gratis, tingkatkan produk kita, tampilkan produk lokal itu menjadi terbaik,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.