Melihat Keindahan Pesona Gunung Lanang Pacitan

oleh -62 Dilihat
Kawasan Pacitan kota dilihat dari puncak Gunung Lanang Kebonagung.(Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG –  Terletak di tengah-tengah lanskap Pacitan yang menakjubkan, Gunung Lanang merupakan harta karun yang tersembunyi, yang menunggu untuk ditemukan oleh para petualang dan pecinta alam.

Sering dibayangi oleh gunung-gunung lain yang lebih terkenal, gunung yang megah ini berhasil mempertahankan keindahannya yang masih asli, tidak tersentuh oleh pariwisata massal.

Terselip di sudut terpencil di negeri ini, Gunung Lanang mengundang mereka yang mencari ketenangan di pangkuan alam, menawarkan tempat yang tenang jauh dari hiruk pikuk kehidupan modern.

Dengan tanaman hijau yang subur, udara yang segar, dan panorama yang membentang sejauh mata memandang, Gunung Lanang menyingkap pesona mempesona yang memikat indera dan meninggalkan kesan mendalam bagi siapa saja yang menjelajahinya.

Pesona Gunung Lanang

Kawasan Gunung Lanang Pacitan. (Foto: Sendi Pratama)

Gunung Lanang, permata tersembunyi yang terletak di pelosok kota Pacitan, tepatnya di Dusun Ketro, Desa Punjung, Kecamatan Kebonagung mulai dikenal sebagai rahasia alam yang tersimpan baik, memikat para petualang dan pencinta alam.

Dengan keindahannya yang menakjubkan dan ekosistemnya yang beragam, gunung ini telah menjadi destinasi yang wajib dikunjungi oleh mereka yang mencari pengalaman mendalam dalam keajaiban alam.

Di gunung ini kita bisa menyaksikan indahnya kota Pacitan dari atas. Tidak hanya itu puncak bukit ini menawarkan pesona matahari terbenam atau sunset dan juga matahari terbit atau sunrise yang indah.

Pemandangan laut biru terbentang dari atas bukit, saat malam hari kita juga bisa melihat suasana malam Pacitan, tempat yang sempurna untuk melakukan City Light Hunting.

Gunung Lanang yang membanggakan di tengah-tengah pedesaan yang indah, menawarkan perpaduan yang memukau antara hutan yang jarang terjamah dan keajaiban pesonanya.

Gunung merupakan suatu aspek yang sangat berguna bagi kehidupan masyarakat disekitarnya. banyak sekali manfaat dari keberadaannya.

“Untuk Gunung Lanang sendiri memiliki beberapa manfaat. Sumber kehidupan, seperti misalnya menjadi lahan untuk menanam ubi-ubian bahkan padi. Tentunya sumber utama dari Gunung Lanang ini sendiri digunakan warga sekitar untuk mencari pakan ternak,”kata Rizki Budiarti, salah satu warga yang berdomisili di wilayah Gunung Lanang Kebonagung.

Rute dan Akses Gunung Lanang

Rute untuk menuju ke Gunung Lanang sendiri bisa dikatakan cukup mudah yakni, dari Pacitan Kota kira-kira 15 kilometer menuju ke arah timur.

“Ada dua jalur, yang pertama dari jalur timur dan jalur satunya merupakan di jalur barat sebagai jalur utama. Dari pusat Kota Pacitan, naik ke atas lewat Desa Wonogondo kemudian. Bahkan rute nya sendiri juga sudah tersedia di Google Maps,”imbuh Rizki..

Bagi para petualang yang mencari petualangan mendebarkan, Gunung Lanang menawarkan banyak sekali jalur tracking dan rute pendakian. Saat para penjelajah pemberani mendaki lerengnya, akan disuguhi pemandangan panorama yang membentang sejauh mata memandang. Jalur pendakian gunung ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, memastikan bahwa baik pendaki gunung berpengalaman maupun pendaki pemula dapat menemukan jalur yang cocok untuk ditaklukkan.

Selain itu, Gunung Lanang sebenarnya memiliki dua puncak namun hanya ada satu yang dapat didaki. Diakrenakan satunya hanyalah bongkahan batu besar. Dalam mencapai puncaknya sendiri tidak begitu sulit.

Dari batas parkiran motor kita hanya perlu berjalan selama 15 menit. Tidak perlu takut capek bahkan khawatir karena setelah sampai di puncak akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan Kota Pacitan.

Selamat berpetualang ke Gunung Lanang Pacitan.

No More Posts Available.

No more pages to load.