Hasil Uji Lab 6 Pasien Suspek Antraks di Pacitan Dinyatakan Negatif

oleh -2 Dilihat
Plt Kadinkes Pacitan Daru Mustiko Aji
Plt Kadinkes Pacitan Daru Mustiko Aji. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan mengumumkan hasil uji laboratorium enam sampel pasien suspek antraks di wilayahnya.

“(Hasilnya) negatif (antraks),”kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan dr Daru Mustikoaji, saat dihubungi Pacitanku.com, Jumat (14/7/2023).

Sebelumnya diberitakan, 6 warga dari Desa Tinatar, Kecamatan Punung terindikasi suspek antraks. Enam warga tersebut terindikasi tertular penyakit itu melalui hewan ternak.

Untuk memastikan, Dinkes Pacitan sudah mengambil sampel antraks dari enam warga tersebut dikirim ke laboratorium Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates, Yogyakarta. Hingga akhirnya diketahui hasil uji lab terhadap 6 pasien tersebut negative antraks.

Sebelumnya, diberitakan dr Daru mengungkapkan Pacitan sendiri merupakan wilayah dengan endemic antraks. Dimana, kata dia, beberapa wilayah yang pernah melaporkan kasus antrak antara lain puskesmas Sudimoro, Gondosari, Ketrowonojoyo dan Nawangan.

Dalam penanganan yang dilakukan Dinkes Pacitan, dr Daru mengungkapkan kasus ditemukan dari kunjungan pasien untuk pengobatan yang ditindaklanjuti dengan penyelidikan epidemiologi ke lapangan.

“Kasus yang antrak yang ada tidak semuanya didahului dengan kasus kematian hewan, namun semua kasus terjadi pada lingkungan yang banyak berada dalam lingkungan ternak,”ujarnya.

Sampai saat ini, dr Daru memastikan penanganan kasus antraks di Pacitan tertangani dengan baik. Selain itu, dr Daru juga memastikan tidak di temukan kematian antrak pada manusia di Pacitan.

“Meskipun demikian mohon kepada masyarakat untuk berhati hati dalam mengkonsumsi maupun apabila berkegiatan yang berhubungan dengan hewan ternak,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.